AirAsia Newsroom

View Original

AirAsia X Indonesia Turut Bangga Atas Suksesnya Hasil Audit ICAO Terhadap Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

JAKARTA, 22 November 2017 – AirAsia X Indonesia, maskapai berbiaya hemat yang melayani
penerbangan jarak jauh pertama di Indonesia, merasa bangga dan terhormat karena dapat
berkontribusi dalam kesuksesan audit keselamatan penerbangan yang dilakukan oleh ICAO terhadap Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Audit yang bertajuk ICAO Coordinated Validation Mission (ICVM) tersebut telah berlangsung sejak 10 Oktober hingga 18 Oktober 2017.

Sebagai salah satu maskapai penerbangan yang terpilih sebagai sampel dari audit tersebut, audit telah dilangsungkan terhadap AirAsia X Indonesia pada tanggal 16 Oktober 2017.

Audit yang dimaksud dilakukan dengan tujuan untuk memastikan tingkat pemenuhan (compliance) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terhadap standar dan rekomendasi yang ditetapkan oleh ICAO yang tertuang dalam Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil atau Civil Aviation Safety Regulation (CASR) yang diterapkan pada operasi penerbangan Indonesia.

Adapun ruang lingkup dari audit yang dilakukan antara lain adalah aspek legislasi penerbangan
utama, organisasi penerbangan sipil, lisensi dan pelatihan awak penerbangan, operasional pesawat, kelaikudaraan pesawat, investigasi terhadap insiden maupun peristiwa, layanan navigasi udara, serta bandara dan layanan darat.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia,
Agus Santoso
mengatakan, “Keberhasilan mencapai hasil yang tinggi yang melompat dari urutan 151 melejit ke 55, praktis melompati 96 negara ini, adalah buah kerja keras regulator yang dipatuhi oleh seluruh operator dalam memenuhi persyaratan safety penerbangan”.

CEO Grup AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan mengatakan, “Apresiasi yang sebesar-
besarnya kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang telah bekerja keras dalam meningkatkan standar untuk praktek
penerbangan sipil di tanah air. Kami bangga menjadi bagian dari perkembangan industri penerbangan di Indonesia dan hasil audit ICAO merefleksikan keseriusan pemerintah dalam meningkatkan standar angkutan udara. Upaya dari regulator ini sejalan dengan komitmen Grup AirAsia di Indonesia pada peningkatan keselamatan dan keamanan penerbangan.”

Presiden Direktur AirAsia X Indonesia, Captain Sulistyo Nugroho Hanung mengatakan,
“Kami mengucapkan terima kasih kepada ICAO dan juga Direktorat Jenderal Perhubungan Udara atas kepercayaannya terhadap kami selama ini. Hasil yang sangat positif ini tentunya diharapkan dapat semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan penerbangan maskapai nasional, khususnya bagi kami yang melayani penerbangan yang tidak hanya hemat biaya, namun juga berkualitas.”