AirAsia Newsroom

View Original

airasia Super App dan Google Cloud jalin kolaborasi strategis, tumbuhkan dan demokratisasi kemudahan digital di Asia Tenggara

Bangun ekosistem inovasi berkekuatan Cloud untuk memberdayakan kapabilitas dan bakat dalam memenuhi kebutuhan pengguna di semua aspek kehidupan

Dari kiri: Thomas Kurian, CEO Google Cloud, Sundar Pichai, CEO Google, dan Tony Fernandes, CEO Capital A mengumumkan kolaborasi antara airasia Super App dan Google Cloud.

Mountain View, California, Amerika Serikat dan Kuala Lumpur, Malaysia, 8 April 2022 – airasia Super App, platform perjalanan dan gaya hidup digital Asia Tenggara, dan Google Cloud hari ini mengumumkan kolaborasi strategis lima tahun untuk mewujudkan visi airasia Super App membangun sebuah ekosistem inovasi bersama yang menyertakan semua lini bisnis dan developer untuk dapat melayani kebutuhan sehari-hari masyarakat di kawasan ini. Kedua perusahaan akan menggabungkan kompetensi inti untuk membina bakat-bakat di bidang teknologi, membuat perangkat lunak untuk inovasi bersama, membentuk kecerdasan berbasis data dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang tergabung di platform, dan memastikan kemudahan akses oleh pengguna yang beragam di wilayah perkotaan dan pedesaan.

airasia Super App, yang saat ini beroperasi di Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, dan Filipina, merupakan bagian dari pilar digital Capital A. Platform ini menawarkan layanan pemesanan penerbangan dan hotel, e-commerce, pengiriman makanan dan paket, layanan transportasi online, layanan finansial dan kesehatan, pilihan edukasi pelatihan, dan banyak lagi. Semuanya terintegrasi dengan program reward dan dompet digital. Meskipun beberapa layanan masih belum diluncurkan di semua pasar di Asean, platform ini sudah menjadi aplikasi gaya hidup pilihan bagi 51 juta pengguna. Sejak diluncurkan pada tahun 2020, airasia Super App telah menjadi salah satu dari tiga unicorn yang berpusat di Malaysia, menurut Credit Suisse.

“Sejak kami memulai dengan dua pesawat hingga sekarang menjadi maskapai terbesar keempat di Asia, AirAsia selalu difokuskan untuk serving the underserved atau melayani mereka yang kurang terlayani. Dengan airasia Super App sebagai pusat ekosistem e-commerce, logistik, dan fintek, kami bertekad untuk melanjutkan semangat itu dan melayani 700 juta orang di Asean secara inklusif, mudah dijangkau dan memberikan nilai lebih melalui produk layanan yang tersedia semudah sentuhan jari,” kata Tony Fernandes, Group Chief Executive Officer, Capital A

“Dengan Google sebagai mitra untuk membawa perjalanan digital kami ke tahap berikutnya, kami akan memperluas platform ini ke ekosistem yang lebih luas, yang tidak hanya bersifat transaksional, tetapi juga membangun komunitas, dan memperkaya komunitas itu dengan teknologi dan sumber daya yang siap pakai untuk agar penggunaannya meningkat – bukan hanya pelanggan tetapi juga mitra seperti restoran, maskapai penerbangan, hotel, dan pengemudi. Apa yang kami lakukan bukanlah evolusi tetapi revolusi dan saya bersemangat untuk membuktikan kepada dunia bagaimana airasia dan semua aset Capital A akan mengubah Asean dan membawa nilai baru. Saya akan menikmati perjalanan bersama Google, yang memiliki infrastruktur terbaik di kelasnya, dengan keahlian data science dan tradisi open source-nya, serta mempunyai kemiripan semangat dan visi untuk memberdayakan Asia Tenggara dalam mengembangkan potensi besarnya di dekade digital berikutnya.” tambah Tony.

Kolaborasi strategis dan upaya membangun ekosistem akan mencakup empat pilar yaitu:

Menumbuhkan budaya agile dan penggerak inovasi bersama: airasia Super App dan Google Cloud akan mendirikan Cloud Center of Excellence (CCoE) yang terdiri dari AllStars AirAsia dan ahli teknologi dari Google Cloud. CCoE akan menanamkan budaya agile atau tangguh di seluruh unit bisnis airasia Super App untuk mempercepat kecepatan pengembangan produk, menyesuaikan dengan perubahan, dan membina potensi bakat. Ini termasuk memanfaatkan Site Reliability Engineering (SRE) dan best practice MLOps Google Cloud, sehingga staf dan para lulusan AirAsia Academy dapat memperkuat kemampuan teknis mereka dan memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan bisnis yang berkembang pesat. Sebagai perpanjangan dari tim pengembangan produk Google Cloud, CCoE juga akan mendorong upaya inovasi bersama untuk membentuk kemajuan teknologi di kawasan ini dan sekitarnya.

Memastikan kelancaran akses kapan pun, dimana pun, dan di perangkat apa pun: Dengan memanfaatkan infrastruktur Google Cloud yang aman dan dapat diskalakan, serta layanan mikro canggih, tanpa server, dan teknologi jaringan, CCoE akan menyempurnakan airasia Super App agar tetap kuat, andal, dan ringan karena lebih banyak fitur dan layanan terus ditambahkan. Hal ini akan menjamin kelancaran akses pengguna dalam jumlah besar pada waktu bersamaan, termasuk pengguna di daerah pedesaan dengan konektivitas internet dan perangkat berkapasitas terbatas.

Membentuk wawasan berbasis data untuk mendorong pertumbuhan UMKM: Melalui penerapan program analitik unggulan, Machine Learning, dan teknologi Artificial Intelligence buatan Google Cloud, data scientist CCoE dapat menyatukan dan menganalisis kumpulan data untuk mengekstraksi wawasan secara real-time ke dalam sentimen dan kecenderungan tren pelanggan. Hal ini termasuk pemahaman terhadap trayektori pemulihan wisata dan pola konsumen dalam hal pesan antar makanan, transportasi online dan banyak lagi. Wawasan tersebut akan memungkinkan platform untuk menyajikan rekomendasi yang terpersonalisasi kepada pengguna mewakili UMKM dan membantu menumbuhkan pendapatan bisnis nya.

Memberdayakan mitra dan developer untuk dapat berinovasi bersama dan saling berkontribusi: Dengan mengadopsi prinsip dan infrastruktur open-source Google Cloud, CCoE akan mengembangkan serangkaian kelengkapan pengembangan perangkat lunak atau Software Development Kit (SDK) yang dapat digunakan oleh mitra di dalam ekosistem dan developer eksternal untuk membuat fitur dan layanan baru bagi pengguna airasia Super App dengan cepat dan biaya yang efektif. Hal ini termasuk komponen perangkat lunak yang dapat digunakan kembali untuk identifikasi biometrik, chatbots, e-wallet, pemesanan tiket online dan banyak lagi. Google juga akan memanfaatkan jaringan airasia Super App untuk memperluas komunitas developer-nya di Asia Tenggara.

“Untuk dapat memberi manfaat bagi masyarakat Asia Tenggara yang majemuk, airasia Super App harus tetap sederhana dan mudah digunakan, ditopang oleh desain, interoperabilitas, dan personalisasi yang inklusif,” kata Amanda Woo, CEO, airasia Super App. “Oleh karena itu, penting bagi kami untuk memanfaatkan pengalaman dalam membangun platform dan ekosistem global yang dimiliki oleh Google untuk melengkapi dan menarik lebih banyak talenta, pengusaha, dan mitra agar kemudian dapat memberikan lebih banyak solusi yang sesuai dengan kehidupan pengguna. Yang kami umumkan hari ini hanyalah permulaan, dan kami berharap dapat mengeksplorasi inisiatif inovasi bersama lebih lanjut dengan Google, baik dalam hal perencanaan perjalanan digital, mobil swakemudi, cloud gaming, investasi perusahaan rintisan, atau memberikan dukungan terhadap pekerja garda terdepan Google Workspace.”

“Keberadaan super app telah membantu usaha kecil untuk berkembang, dan merangsang pertumbuhan ekonomi. Bahkan, World Economic Forum memperkirakan 70 persen nilai ekonomi baru yang dihasilkan pada dekade berikutnya akan didorong oleh model bisnis platform digital,” kata Thomas Kurian, CEO, Google Cloud. “airasia Super App adalah contoh inspiratif dari perusahaan yang berinovasi menggunakan teknologi cloud-first untuk menjangkau dan melayani pelanggan mereka dengan lebih baik. Kami bangga dapat bekerja sama dengan Tony dan timnya untuk lebih mengembangkan bakat dan ekosistem open innovation untuk memenuhi beragam kebutuhan gaya hidup digital di kawasan Asia Tenggara.”

###


Tentang airasia Super App

Airasia Super App adalah platform one-stop travel, e-commerce, dan fintech yang menawarkan lebih dari 15 lini produk dan layanan kepada konsumen melalui SuperApp serta situs web airasia.com. Didukung oleh data dan teknologi, airasia Super App memanfaatkan ekosistem digitalnya dari 51 juta pengguna dan 40 juta unduhan untuk menghasilkan pengalaman konsumen yang dipersonalisasi dan tanpa batas di era baru digital. Pengguna juga dapat berdiskusi secara langsung, bergabung dengan komunitas dengan minat yang sama, bermain game, dan banyak lagi. Dari kebutuhan perjalanan hingga kebutuhan gaya hidup sehari-hari, selalu ada sesuatu untuk semua kalangan di airasia Super App. Unduh airasia Super App melalui Apple App Store atau Google Play Store.

Tentang Google Cloud

Google Cloud mempercepat kemampuan setiap organisasi untuk mengubah bisnisnya secara digital. Kami memberikan solusi bertaraf enterprise dengan memanfaatkan teknologi mutakhir Google – yang memiliki cloud paling bersih di industri. Pelanggan di lebih dari 200 negara dan wilayah beralih ke Google Cloud sebagai mitra terpercaya mereka untuk memacu pertumbuhan dan memecahkan masalah bisnis paling kritis mereka.


Kontak Media untuk Google Cloud

Nicholas Tan

Head of Communications, Southeast Asia, Google Cloud

E: nicholastan@google.com / press@google.com

M: +65 9663 8358


Kontak Media untuk Capital A

Maryanna Kim

Head of Digital Communications, Capital A

E: maryannakim@airasia.com / groupcomms@airasia.com

M: +6013 804 9435