AirAsia Newsroom

View Original

AirAsia Menjadi Maskapai Penerbangan Internasional Pertama Yang Melayani Penerbangan Langsung Dari Kuala Lumpur Ke Labuan Bajo

Labuan Bajo, 3 September 2024 – Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia 15 kali berturut-turut versi skytrax, AirAsia hari ini meresmikan penerbangan langsung dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Rute ini menandai penerbangan internasional berjadwal pertama AirAsia Malaysia (kode penerbangan AK) ke Labuan Bajo, Indonesia. 

Penerbangan perdana AirAsia dengan nomor penerbangan AK 336 dari Kuala Lumpur International Airport (KUL), mendarat dengan sempurna di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo (LBJ) pada pukul 14.25 WITA disambut dengan water salute.

Dato’ Captain Fareh Mazputra, Managing Director AirAsia Malaysia, mengatakan: “Peluncuran penerbangan langsung kami dari Kuala Lumpur ke Labuan Bajo hari ini menandai langkah signifikan dalam mendukung target pariwisata Indonesia. Labuan Bajo merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas utama di Indonesia, di mana pemerintah menargetkan untuk menarik lebih banyak wisatawan dengan harapan dapat melampaui 500.000 pengunjung pada tahun 2024.”

“Kami berkomitmen untuk berkontribusi pada pengembangan Labuan Bajo yang berkelanjutan sebagai destinasi kelas dunia dengan mempermudah akses bagi wisatawan dari seluruh dunia. Kolaborasi antara pemerintah, maskapai penerbangan, dan pemangku kepentingan lainnya ini merupakan kunci untuk mencapai target yang ditetapkan untuk Labuan Bajo serta memastikan statusnya sebagai pusat pariwisata utama.”

“Indonesia tetap menjadi salah satu pasar terpenting bagi kami, dan kami akan terus bekerja sama dengan Indonesia AirAsia untuk meningkatkan pariwisata dan perdagangan antara kedua negara kita. 28 rute langsung kami yang menghubungkan Malaysia dan Indonesia telah menerbangkan lebih dari 7 juta penumpang, memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan konektivitas regional, dan mendukung sektor pariwisata lokal. Kami berharap dapat memperluas jaringan kami dengan rencana untuk mengeksplorasi lebih banyak rute langsung antara Malaysia dan Indonesia di masa mendatang,” tutup Dato’ Captain Fareh Mazputra.

"Semoga rute baru ini menjadi kesuksesan baru bagi AirAsia Grup dan berkembangnya pariwisata di Nusa tenggara Timur. Saya yakin penerbangan internasional ini tentunya memberikan dampak positif bagi perekonomian NTT, termasuk melalui jalur investasi dan perdagangan. Tentunya, memberikan dampak bagi meningkatnya wisatawan yang masuk ke NTT," kata Ayodhia Kalake, Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur.

"Dengan adanya traffic perdana penerbangan internasional ini, juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi regional di wilayah NTT, serta  menjadi momentum untuk mempromosikan destinasi-destinasi unggulan lainnya di Indonesia dan menjadikan Bandar Udara Labuan Bajo sebagai salah satu gerbang utama untuk pariwisata mancanegara di indonesia khususnya di wilayah NTT," kata Fuadani, Kepala Bidang Keamanan, Otoritas Bandara Wilayah IV.

"Pembukaan rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo oleh AirAsia merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa dalam upaya kita mempromosikan destinasi pariwisata unggulan Indonesia. Labuan Bajo, dengan keindahan alam dan daya tarik budayanya, kini semakin mudah diakses oleh wisatawan mancanegara. Kami percaya bahwa langkah ini akan mempercepat pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Timur, serta semakin mengukuhkan Indonesia sebagai salah satu destinasi pariwisata pilihan dunia," kata Wisnu Sindhutrisno, Direktur Pemasaran Pariwisata Regional Asia Pasifik.

Penambahan rute ini sejalan dengan komitmen AirAsia untuk memperluas konektivitas regional, sekaligus memenuhi permintaan perjalanan yang terus meningkat ke destinasi baru seperti Labuan Bajo. Dengan lebih dari 4.000 kursi yang tersedia setiap minggu, rute ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan serta memberikan dampak ekonomi yang substansial bagi masyarakat lokal di Malaysia dan Indonesia.

AirAsia juga menawarkan layanan Fly-Thru yang semakin meningkatkan aksesibilitas bagi wisatawan dari seluruh wilayah untuk mencapai Labuan Bajo—pintu gerbang ke Taman Nasional Komodo yang terkenal di dunia dan Pulau Flores yang indah—dengan mudah hanya melalui satu kali transit di Kuala Lumpur, sehingga menjadikan perjalanan lebih nyaman bagi wisatawan internasional dari Asia dan Australia.

Kini wisatawan dari Labuan Bajo juga dapat menikmati pesona Kuala Lumpur, kota metropolitan yang dinamis dengan perpaduan budaya dan modernitas. Ikon kota seperti Menara Kembar Petronas, KLCC Park yang hijau, dan Batu Caves yang megah, menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Di Bukit Bintang, wisatawan bisa berbelanja dan menikmati hiburan malam, sementara Jalan Alor menyajikan kuliner lokal autentik. Kuala Lumpur menjanjikan pengalaman yang kaya akan sejarah, budaya, dan gaya hidup modern.

AirAsia telah Malaysia melayani penerbangan ke 15 destinasi di Indonesia, yaitu dari Kuala Lumpur ke Kertajati, Banda Aceh, Jakarta, Bali (Denpasar), Medan, Padang, Pekanbaru, Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Lombok; dari Penang ke Jakarta dan Medan; serta dari Kota Kinabalu ke Manado.

Jadwal Penerbangan Rute Kuala Lumpur (KUL) dan Labuan Bajo (LBJ):

Seluruh tiket penerbangan AirAsia dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalan resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com.

Indonesia AirAsia selalu mengedepankan standar keamanan dan keselamatan di setiap penerbangannya. Indonesia AirAsia pun sudah diakui secara resmi sebagai operator yang telah menyelesaikan audit keselamatan operasional yang dilakukan oleh International Air Transport Association (IATA), atau yang dikenal dengan IATA Operational Safety Audit (IOSA).

Indonesia AirAsia juga mengingatkan kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 Kg per orang. Jika melebihi dari berat yang ditentukan, dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter check in di Bandara keberangkatan.

Indonesia AirAsia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru airasia, ikuti X (x.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/flyairasia.id), dan Instagram (instagram.com/flyairasia.id).