Jelang Era Transformasi Baru, Grup Penerbangan AirAsia Sambut Tony Fernandes Sebagai Penasihat Strategis

SEPANG, 24 April 2024 Grup Penerbangan AirAsia (“Grup”) mengumumkan penunjukan Tan Sri Tony Fernandes sebagai penasihat dan pengurus Grup Chief Executive Officer (Advisor and Steward Group Chief Executive Officer), seiring dengan dimulainya era baru transformasi dan pertumbuhan Grup.

Sebagai salah satu pendiri AirAsia, yang dikenal luas sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah terbaik di dunia selama 14 tahun berturut-turut. Dewan Direksi Grup Penerbangan AirAsia secara serempak menyetujui penunjukan Tony, dan mengakui rekam jejak pencapaian bisnis yang luar biasa serta keahliannya yang tak tertandingi dalam industri penerbangan.

Setelah membangun maskapai penerbangan yang mendominasi pasar. Dimulai dengan hanya dua pesawat hingga menjadi salah satu maskapai penerbangan berbiaya rendah terbesar di dunia, Tony dianggap layak untuk memberikan nasihat kepada Grup. Terutama dalam meningkatkan pemulihan maskapai penerbangan dan strategi pertumbuhannya di tengah tantangan global seperti kenaikan biaya bahan bakar, persaingan yang ketat, dan iklim ekonomi yang tidak menentu. Wawasan dan bimbingannya dianggap sangat penting seiring dengan upaya AirAsia untuk mengembangkan bisnisnya secara menguntungkan di seluruh dunia sambil tetap mempertahankan nilai intinya, yaitu keterjangkauan, sehingga mendorong Grup tersebut menuju visinya menjadi salah satu maskapai penerbangan global terkemuka yang dikelola dengan baik.

Tan Sri Jamaludin Ibrahim, Chairman of AirAsia Aviation Group mengatakan “Seiring dengan dimulainya era baru bagi Grup maskapai penerbangan kami, kepemimpinan visioner Tony, keahlian bisnis yang luar biasa, pengetahuan, dan jaringan luas di industri global tidak hanya akan menjamin kelangsungan, tetapi juga akan membantu kami melewati fase transformasi signifikan berikutnya. Ini menjadi bagian integral saat kami mempersiapkan AirAsia Aviation Group untuk menjadi penyedia penerbangan regional terkemuka dengan nilai terbaik di rute jarak dekat, menengah, dan jauh di Asia dan sekitarnya. 

“Dalam peran barunya, Tony tidak hanya akan melakukan pengawasan strategis terhadap Grup Penerbangan AirAsia, termasuk perencanaan ekspansi dan suksesi, namun Tony juga akan menjadi penghubung utama antara Capital A dan ekosistem bisnis penerbangan untuk memastikan semua peluang yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, Tony juga akan melanjutkan dialog yang berkelanjutan dengan para pemangku kepentingan utama termasuk pariwisata dan pemerintah, penyewa, bankir dan pemasok termasuk Airbus dan GE.”

Bo Lingam, Group CEO of AirAsia Aviation Group mengatakan “Tidak diragukan lagi bahwa tidak ada orang yang lebih tepat untuk mengambil peran sebagai penasihat strategis kami untuk grup penerbangan, karena kami menargetkan pertumbuhan ke level yang lebih tinggi dengan rencana yang signifikan untuk jangka panjang di masa depan. Visi dan dorongan Tony yang luar biasa akan memastikan kami dapat mewujudkan strategi untuk menjadi grup penerbangan dengan berbasis nilai yang paling dicari dan menguntungkan di kawasan ini dan sekitarnya.”

“Dalam jangka pendek, kami akan tetap fokus pada pemulihan maskapai dan strategi pertumbuhan kami, dengan tujuan membangun jaringan yang tak tertandingi. Hal ini akan dicapai dengan menetapkan fondasi yang kokoh untuk memberikan konektivitas terbaik dengan harga terbaik. Sambil terus meningkatkan pengalaman penumpang yang pada akhirnya akan mendorong nilai pemegang saham yang lebih kuat.”

Tan Sri Tony Fernandes, Advisor and Steward at AirAsia Aviation Group mengatakan “Saya sangat antusias mengenai masa depan AirAsia Aviation Group. Dengan strategi ekspansi maskapai penerbangan kami yang kuat, kami yakin akan mencapai tingkat yang lebih tinggi lagi dalam kategori kami. Melalui peningkatan konektivitas, fleksibilitas yang lebih besar, dan kemampuan tambahan untuk terbang ke destinasi baru yang belum pernah kami singgahi sebelumnya.

“Nilai, inklusivitas, inovasi, dan melayani masyarakat yang belum tersentuh adalah landasan utama AirAsia. Sebagai grup penerbangan dengan lebih dari 300 pesanan pesawat berspesifikasi baru, jarak tempuh lebih jauh, dan rendah emisi, kami akan terus menjangkau benua lainnya, termasuk juga Eropa, Afrika, dan Amerika Serikat, sehingga kami dapat terus terbang secara menguntungkan dan menawarkan tarif yang kompetitif."

“Di saat yang sama, sebagai CEO Capital A, penunjukan ini akan memungkinkan saya untuk tidak hanya mengawasi tim kepemimpinan senior yang ahli di bidang penerbangan tetapi juga memastikan kami memanfaatkan peluang secara maksimal dengan ekosistem digital yang kami miliki. Kami berfokus untuk menjadi perusahaan penerbangan, teknik, kargo terkemuka, serta menjadi platform logistik dan pilihan perjalanan bagi semua orang. Tidak hanya di kawasan ASEAN dimana kehadiran kami sangat kuat, tetapi juga di seluruh dunia di masa depan.”