Imbauan: AirAsia untuk sementara batalkan semua penerbangan dari dan ke Wuhan, Tiongkok

SEPANG, 23 Januari 2020 - Sehubungan dengan perkembangan situasi dan merujuk pada pemberitahuan resmi terbaru dari pemerintah Tiongkok, seluruh penerbangan AirAsia dari Kota Kinabalu, Bangkok, dan Phuket ke Wuhan hingga tanggal 28 Januari 2020 untuk sementara waktu dibatalkan.

AirAsia memastikan akan selalu mengutamakan penumpang dan karyawan, serta mengikuti imbauan dan arahan dari otoritas kesehatan setempat dan dunia, termasuk World Health Organization (WHO). 

AirAsia mengimbau kepada penumpang yang berada di Wuhan untuk mengikuti arahan dari pemerintah Tiongkok dan otoritas kesehatan, serta menghubungi kantor kedutaan atau perwakilan diplomatik yang berada di Tiongkok untuk bantuan lebih lanjut. 

AirAsia terus memantau situasi dan akan menyediakan informasi sesuai dengan perkembangan terkini.

AirAsia menawarkan kompensasi bagi penumpang yang ingin mengatur kembali rencana perjalanannya ke/ dari Wuhan sebagai berikut:

  1. Ubah Rute (Reroute): Ubah rute penerbangan dari kota lain di Tiongkok ke Kota Kinabalu, Bangkok, dan Phuket tanpa dikenakan biaya tambahan dan tergantung ketersediaan kursi. Tersedia untuk penerbangan hingga tanggal 29 Februari 2020; ATAU

  2. Akun Kredit (Credit Account): Kredit senilai harga tiket pada akun AirAsia BIG Loyalty yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya. Kredit ini berlaku selama 90 hari sejak diterbitkan, untuk tanggal keberangkatan kapan saja, tergantung pada ketersediaan. Tersedia untuk penerbangan hingga 29 Februari 2020; ATAU

  3. Pengembalian Dana (Full Refund): Pengembalian dana secara penuh sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan, senilai jumlah yang dibayarkan pada saat pemesanan jika penerbangan dibatalkan. Tersedia untuk penerbangan hingga 15 Februari 2020 dan penerbangan pulang tanggal 16-29 Februari 2020.

Permohonan pengembalian dana dapat diajukan melalui AVA yang dapat diakses melalui support.airasia.com. Dari pilihan menu yang tersedia, klik kategori “Pengembalian Dana”, lalu klik “Permohonan Pengembalian Dana Baru”, pilih "Penerbangan dari/ ke Wuhan" dan ikuti arahan selanjutnya. 

Pengembalian dana untuk tiket yang dipesan melalui agen perjalanan (travel agent) termasuk online travel agent (OTA) hanya dapat dilakukan melalui agen tempat tiket tersebut dipesan.

Untuk mendapatkan informasi terkini dari AirAsia, ikuti akun AirAsia di Twitter (@AirAsia_indo) dan Facebook (facebook.com/AirAsia). Untuk bantuan lebih lanjut kunjungi support.airasia.com. Penumpang juga disarankan untuk memantau status penerbangannya melalui airasia.com/flightstatus.