Pemerintah Provinsi Sumatera Barat gandeng AirAsia dorong jumlah wisatawan dan konektivitas

Padang, 15 Juni 2022 - Dalam rangka mendorong peningkatan jumlah wisatawan dan pengembangan jaringan penerbangan di ranah Minangkabau, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggandeng maskapai AirAsia melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Marawa Beach Club, Kota Padang pada 14 Juni 2022 kemarin. 

Prosesi penandatanganan MoU dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi dan Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine disaksikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi beserta jajaran yang secara resmi menandai dimulainya kolaborasi berkelanjutan antara kedua belah pihak yang mencakup berbagai bidang seperti promosi destinasi, kebudayaan, dan peningkatan jumlah kunjungan. 

Kolaborasi ini diharapkan dapat mewujudkan harapan Pemerintah Sumatera Barat untuk meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara, sekaligus mengembangkan konektivitas penerbangan di Sumatera Barat seiring dengan bangkitnya kembali pariwisata di Indonesia pasca pandemi.

Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi mengatakan, “Kami berharap dengan rute penerbangan dari dan menuju Sumatera Barat ini tidak hanya berdampak pada pariwisata saja namun juga membuka jalur perekonomian warga setempat. Kami berharap kepada pemerintah pusat untuk mendukung terealisasinya rute penerbangan internasional ini.”

“Ada ribuan pengunjung yang bersiap datang ke Sumbar dari Kuala Lumpur oleh sebab itu, kami pun juga berharap AirAsia turut membantu memfasilitasi layanan penerbangan internasional di rute ini sekaligus dapat memperluas konektivitas untuk rute lainnya dari dan menuju Padang”.

“Selain itu, di tahun 2023 kami akan mengadakan event ‘Visit Beautiful West Sumatra’, oleh sebab itu kami sangat siap untuk adanya peningkatan jumlah wisatawan ke Sumatera Barat.” 

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine mengatakan, “Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Gubernur H. Mahyeldi, Bapak Wakil Gubernur Audy Joinaldi beserta para jajaran pejabat di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk bersama-sama mewujudkan harapan dalam meningkatkan jumlah wisatawan dan pengembangan penerbangan di Sumatera Barat.”


“Tentunya kami dari AirAsia mendukung pemerintah Sumbar dalam upaya menggerakan roda perekonomian, bisnis dan pariwisata Sumatera Barat yang memiliki potensi yang besar. Kami selalu siap jika diberikan kesempatan oleh pemerintah Sumatera Barat untuk memfasilitasi pengembangan konektivitas termasuk jika nantinya jalur internasional kembali dibuka” tutupnya.

Tercatat destinasi Sumatera Barat pernah menempati posisi ketujuh sebagai bandara dengan traffic penerbangan tertinggi di Indonesia untuk rute internasional. Ini membuktikan wilayah Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi favorit untuk kunjungan internasional.

AirAsia menyediakan rute penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Minangkabau (PDG) menggunakan pesawat Airbus A320 yang berkapasitas 180 penumpang dengan gratis bagasi 20 kg dan bagasi kabin 7 kg bagi tiap penumpang. 

AirAsia mengimbau seluruh tamu yang akan bepergian untuk selalu mengikuti arahan protokol kesehatan demi kenyamanan bersama. AirAsia juga mengimbau seluruh tamu untuk memastikan telah memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh masing-masing wilayah tujuan. 

Nikmati kekayaan alam dan kuliner khas dengan rasa yang nikmat serta budaya yang beragam di Sumatera Barat dengan memesan tiket AirAsia melalui aplikasi Super App, airasia.com, online travel agent dan agen penjualan tiket resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih silakan hubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke iaa_groupdesk@airasia.com.

Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru airasia, ikuti Twitter (twitter.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/airasiasuperapp.id), dan Instagram (instagram.com/airasuperapp.id).


***SELESAI***