Capital A Berhad Tandatangani Letter of Intent (LOI) dengan Aetherium Acquisition Corp yang terdaftar di NASDAQ untuk penggabungan bisnis

  • Membuka peluang pencatatan publik di Amerika Serikat untuk aset tertentu dari Capital A

  • Menawarkan kesempatan investor global untuk berpartisipasi dalam pertumbuhan Asia Tenggara, menggunakan salah satu merek yang paling dinamis dan dikenal di wilayah tersebut

KUALA LUMPUR, 2 November 2023 - Capital A Berhad, perusahaan induk investasi AirAsia, airasia MOVE (sebelumnya dikenal sebagai airasia Superapp), usaha logistik Teleport, dan grup layanan penerbangan Capital A, mengumumkan telah menandatangani Letter of Intent dengan Aetherium Acquisition Corp (NASDAQ: GMFI), sebuah Special Purpose Acquisition Company (SPAC) yang terdaftar di bursa saham Nasdaq, untuk usulan penggabungan bisnis dengan Capital A International, yang segera didirikan.

Penggabungan bisnis yang diusulkan akan menghasilkan Capital A International, sebuah perusahaan pengembangan investasi dan strategis baru yang menggunakan merek "AirAsia" dan memanfaatkan keahlian inti dalam bidang penerbangan, perjalanan dan perhotelan, serta teknologi digital, menjadi perusahaan yang diperdagangkan secara publik di Amerika Serikat. Dengan kepemilikan ekuitas 100% pada Merek AirAsia, Leasing, Capital A International bermaksud menghasilkan pendapatan dari royalti merek, penyewaan pesawat. Selain itu, perusahaan ini akan terlibat dalam akuisisi taktis, inkubasi, dan kemitraan untuk menyediakan platform bagi para pengusaha.

Penggabungan bisnis yang diusulkan akan memiliki nilai ekuitas indikatif sebesar 1 miliar Dolar AS berdasarkan penilaian independen terhadap Merek AirAsia.

CEO Capital A, Tony Fernandes mengatakan, "Ini adalah momen yang tepat untuk Capital A, yang telah berubah dari AirAsia menjadi grup layanan penerbangan dan perjalanan berbiaya rendah dan bernilai dalam lima entitas berbeda, yang pertama kali akan masuk ke pasar publik adalah Capital A International. Kami mengambil langkah pertama untuk menjelajahi luar wilayah asal kami, yaitu ASEAN, dan mengeksplorasi pencatatan angka tertinggi pasar dalam pengumpulan modal. Kami yakin bahwa paparan pasar keuangan AS dan pencatatan di Nasdaq akan membantu kami mempercepat pengiriman strategi kami saat kami meningkatkan akses ke modal, memperluas basis pemegang saham kami, dan secara signifikan meningkatkan profil kami secara global."

"Penggabungan bisnis yang diusulkan dengan Aetherium adalah bukti peluang pertumbuhan di masa depan. Wilayah ASEAN dalam beberapa tahun terakhir telah muncul sebagai salah satu pusat ekonomi yang paling dinamis dan berkembang pesat di dunia. Namun, terdapat sedikit "kendaraan" bagi investor global untuk berpartisipasi dalam vitalitas pasar ini. Dengan memanfaatkan kekuatan dan jangkauan merek AirAsia, Capital A International akan menawarkan kesempatan luar biasa untuk mengakses potensi investasi di wilayah ini."

Jonathan Chan, CEO Aetherium Acquisition Corp, mengatakan, "Merupakan sebuah kehormatan bisa bekerja dengan seorang pengusaha bersejarah seperti Tony Fernandes untuk membawa Capital A International ke pasar modal AS. AirAsia telah memiliki dampak transformatif pada kehidupan puluhan juta orang di seluruh Asia Tenggara, menjadikan perjalanan udara terjangkau menjadi kenyataan. Merek AirAsia terkait dengan inovasi, kenyamanan, petualangan, dan nilai. Entitas baru ini akan memberikan investor kesempatan untuk mengakses pertumbuhan wilayah ASEAN dengan aset yang menguntungkan dan tim manajemen yang luar biasa. Kami berharap untuk menyelesaikan perjanjian penggabungan bisnis dalam beberapa minggu mendatang."

Sesuai ketentuan Letter of Intent, Capital A berencana untuk melepaskan seluruh modal saham yang sudah dikeluarkan dan outstanding share dari Capital A International. Surat Niat dengan Aetherium Acquisition Corp mencerminkan minat bersama dalam kolaborasi yang berpotensi, yang tunduk pada persetujuan peraturan yang diperlukan dan kondisi dari Bursa Saham, Bank Negara Malaysia, dan otoritas yang relevan lainnya. Capital A tetap berkomitmen untuk mematuhi semua persyaratan peraturan dan optimis tentang manfaat potensial dari penggabungan bisnis yang diusulkan.

Pengumuman rinci akan dibuat setelah penandatanganan perjanjian definitif untuk Penggabungan Bisnis yang Diusulkan.

***SELESAI***