Indonesia AirAsia Permudah Akses Jalur Udara Serta Dukung Peningkatan Pariwisata Kupang, NTT

Jakarta, 28 November 2023 - Maskapai berbiaya hemat terbaik di dunia versi Skytrax, Indonesia AirAsia, mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan wisatawan ke salah satu daerah tujuan wisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kupang melalui Denpasar, Bali sekaligus mempermudah konektivitas udara bagi masyarakat dari dan menuju Kupang.

“Indonesia AirAsia bangga dapat mengambil bagian yang signifikan dalam memajukan konektivitas penerbangan dan mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi daerah Kupang, NTT. Kami konsisten dengan komitmen kami dalam menyediakan layanan penerbangan yang terbaik untuk memudahkan perjalanan dan memberikan manfaat nilai tambah bagi masyarakat.” ucap Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine, di Jakarta, Selasa (28/11).

Melalui langkah-langkah strategis, termasuk membuka rute baru yang menghubungkan Bali dengan Kupang pada 16 Desember nanti serta menghubungkan destinasi domestik dan internasional melalui Bali, Indonesia AirAsia terus memperluas akses dan memacu konektivitas demi mendukung perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi di wilayah setempat hingga seluruh penjuru Indonesia.

Selama proses transisi pandemi di tiga tahun kebelakang, kunjungan wisatawan menuju Kupang belum menunjukan peningkatan yang signifikan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur, tercatat sebanyak 316 wisatawan mancanegara mengunjungi Kupang pada periode 2020-2022, sedangkan jumlah wisatawan domestik mengalami penurunan dari 4.619 pada tahun 2021 menjadi 3.031 pada tahun 2022.

Hal itu juga yang mendorong AirAsia membuka rute Bali - Kupang untuk mendukung upaya pemerintah mendongkrak peningkatan wisatawan dan memberikan alternatif penerbangan yang memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi ini.

Lebih lanjut Veranita menjelaskan, “Rute baru ini membuka kesempatan bagi turis mancanegara dan masyarakat Kupang yang ingin bepergian melalui Denpasar, Bali dapat melanjutkan penerbangannya ke berbagai destinasi baik domestik dan internasional seperti Surabaya, Jakarta, Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok, dan Perth. Melalui Denpasar, pembukaan rute baru ini juga membuka konektivitas Kupang dengan sumber-sumber pasar turis mancanegara seperti Australia, Malaysia, Singapura dan Thailand.”

Penerbangan ini diharapkan dapat membuka potensi-potensi pariwisata dan peningkatan pada sektor ekonomi Kupang yang merupakan pintu gerbang untuk masuk ke semua daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya juga Pulau Rote dan Pulau Sabu, daratan Timor, Alor ke Sumba dan Flores.

Kultur sosial dan budaya yang beraneka ragam serta didukung keadaan geografis yang menunjang kepariwisataan Kupang memiliki daya tarik dalam memikat wisatawan untuk berkunjung, seperti wisata Bahari, Alam, Budaya dan Sejarah, seperti Air Terjun Oenesu, Pantai Tablolong, Gua Kristal, dan Pantai Manikin.

Dukungan konkret Indonesia AirAsia terhadap pengembangan Nusa Tenggara Timur sudah dimulai sejak Mei 2022 lalu dengan pembukaan rute Denpasar - Labuan Bajo. Kemudian diteruskan pada 20 Juni 2023 dengan pembukaan rute Jakarta - Labuan Bajo.

Sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik di dunia, Indonesia AirAsia juga menawarkan layanan terbaik untuk menghadirkan pengalaman terbang yang menyenangkan bagi para penumpang. Untuk tahap awal, Indonesia AirAsia membuka harga spesial Rp 1,3 jutaan sekali perjalanan* dengan melayani penerbangan sebanyak 3x seminggu di hari Selasa, Kamis dan Sabtu. AirAsia juga memfasilitasi khusus penerbangan domestik gratis kuota bagasi sebesar 20 kg dan *kuota bagasi kabin sebesar 7 kg.

Tiket penerbangan sudah dapat dipesan melalui aplikasi airasia Superapp, situs airasia.com, AirAsia Travel & Service Center (ATSC), biro perjalanan online dan agen penjualan tiket resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com.

AirAsia juga terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru airasia, ikuti Twitter (twitter.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/airasiasuperapp.id), dan Instagram (instagram.com/flyairasia.id).

*Syarat dan ketentuan berlaku.