Indonesia AirAsia Hadirkan Rute Baru untuk ASEAN

Jakarta, 3 Mei 2023 - Dalam rangka mendukung pariwisata di wilayah ASEAN, Indonesia AirAsia kembali memperluas konektivitasnya dengan membuka rute yang menghubungkan Jakarta menuju Kuching (KCH) Malaysia, Hồ Chí Minh City (SGN) Vietnam, dan Labuan Bajo (LBJ) Indonesia. Penjualan tiket dibuka mulai dari 3 Mei 2023 untuk ketiga rute baru ini. Berikut sekilas mengenai ketiga destinasi wisata tersebut:  

1. Hồ Chí Minh City

Kota terbesar di Vietnam ini menawarkan ragam atraksi menarik. Mulai dari wisata sejarah, kuliner, hingga belanja. Untuk wisata sejarah, beberapa tempat yang dapat dikunjungi diantaranya adalah War Remnants Museum dan Reunification Palace, dua tempat wisata yang menyimpan sejarah panjang  Vietnam. Di dua tempat ini pengunjung dapat menelusuri cerita sejarah Vietnam dari mulai perang Indochina pertama, perang Vietnam, hingga Vietnam bersatu di tahun 1975.  Wisatawan dapat berfoto di istana yang dulunya merupakan ruang kerja presiden atau melihat helikopter, tank dan peralatan perang di museum yang jaraknya hanya 650 meter dari Reunification Palace. 

Selain menelusuri sejarah Vietnam, wisatawan juga dapat menikmati pertunjukan hiburan budaya yang menggabungkan balet, tarian kontemporer dan sirkus bambu di gedung kuno penuh ornamen yang telah berdiri sejak abad 19 yaitu Ho Chi Minh City Opera House; atau mengunjungi Notre Dame Cathedral of Saigon, katedral peninggalan Perancis yang bangunannya menjulang indah. Di Ho Chi Minh City wisatawan juga dapat berbelanja dengan harga yang murah di Ben Thanh Market yang merupakan  pasar tertua dan terbesar di Vietnam.

Tiket Indonesia AirAsia dari Jakarta menuju Ho Chi Minh dijual mulai harga Rp1,6 juta.

2. Kuching

Kuching Malaysia dikenal sebagai salah satu alternatif wisata yang tenang dan cocok untuk tempat liburan keluarga ataupun relaksasi melepas penat. Kota yang memiliki ikon kucing ini memiliki berbagai tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya yang paling terkenal adalah Kuching Cat Museum. Museum yang wajib dikunjungi oleh  para pecinta kucing ini memiliki empat galeri yang berisi lebih dari 4.000 artefak termasuk lukisan dan tugu peringatan yang berhubungan dengan kucing. Di museum ini dipamerkan juga mumi kucing dari Mesir kuno, galeri iklan terkait kucing, dan lima spesies kucing liar yang ditemukan di Kalimantan. 

Selain mengunjungi Cat Museum, terdapat Museum lainnya yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang tertarik dengan sejarah, budaya, dan keindahan alam Sarawak. Borneo Cultures Museum adalah landmark baru kota Kuching yang memiliki bangunan lima lantai modern dengan desain arsitektur khas yang mencerminkan kerajinan tradisional Sarawak yang unik dan warisan budaya yang kaya. Museum baru ini menjadi tempat yang hidup untuk pertukaran sosial dan budaya.

Kuching juga merupakan  tujuan kuliner utama dan merupakan anggota Jaringan Kota Kreatif UNESCO di bidang gastronomi. Untuk wisata alam, sekitar 40 km dari kota Kuching terdapat Bako National Park, taman nasional tertua di Sarawak yang memiliki banyak bioma (termasuk hutan hujan), satwa liar yang melimpah, aliran hutan dan air terjun, pantai terpencil, dan jalur trekking. Sementara itu wisatawan yang memilih wisata religi dapat mengunjungi Masjid Bandaraya Kuching yang merupakan masjid pertama dan tertua di Sarawak yang menjadi simbol Islam di negara bagian tersebut.

Tak hanya menjadi destinasi wisata, Malaysia juga dikenal memiliki banyak universitas bergengsi yang selalu menjadi tujuan studi banyak siswa dari berbagai negara. Beberapa daerah seperti Kuching yang menjadi Ibu kota sekaligus Kota terbesar di bagian Sarawak juga memiliki universitas-universitas dengan reputasi yang cukup baik.

Untuk menuju Kuching, wisatawan sudah dapat membeli tiket dengan harga mulai dari Rp 900 ribu.

3. Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah salah satu dari  lima destinasi wisata super prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Setelah sebelumnya sukses dengan rute Denpasar-Labuan Bajo, kini Indonesia AirAsia memberikan kemudahan bagi wisatawan dari Jakarta yang ingin mengunjungi destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut.

Wisatawan dari Jakarta dapat mengunjungi Taman Nasional Komodo yang merupakan habitat asli binatang purba komodo. Hewan yang menyerupai kadal raksasa ini juga dapat di lihat di berbagai pulau sekitar seperti di Pulau Padar.

Wilayah NTT memiliki deretan pulau yang indah dan menawan seperti salah satunya pulau Kanawa. Pulau ini menawarkan sebuah taman bawah laut yang sangat sayang untuk dilewatkan. Snorkeling dan diving merupakan sebuah pilihan tepat bagi wisatawan saat mengunjungi lokasi obyek wisata ini. Di dasar lautnya, para pengunjung akan disuguhi sebuah pemandangan yang memukau dari ikan-ikan kecil yang berwarna-warni, penyu, mola-mola hingga keindahan beraneka ragam terumbu karang yang masih sangat terjaga keasriannya. 

Satu lagi yang tidak dapat dilewatkan saat mengunjungi Labuan Bajo adalah Goa Rangko. Cantiknya Kolam Alami Ala Rangko dapat menjadi destinasi yang harus dikunjungi untuk bisa merasakan sendiri berenang di kolam alam layaknya kolam pribadi. Air yang berada di Goa Rangko adalah air asin yang diduga berasal dari air laut yang masuk ke celah atau rongga yang terhubung dengan kolam. 

Untuk menuju Labuan Bajo dari Jakarta, wisatawan dapat membeli tiket mulai dari harga Rp1,5 juta.

Itulah tiga destinasi terbaru dari Indonesia AirAsia yang dapat dikunjungi untuk berwisata  bersama teman, pasangan maupun keluarga. AirAsia terus berupaya memberikan pilihan terbang ke berbagai destinasi menarik yang bisa dikunjungi untuk memudahkan wisatawan terhubung dengan kota-kota tujuan.

Penerbangan untuk rute-rute terbaru ini menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang gratis kuota bagasi sebesar 20 kg dan kuota bagasi kabin sebesar 7 kg. Tiket penerbangan sudah dapat dipesan melalui aplikasi AirAsia Super App, situs airasia.com, biro perjalanan online dan agen penjualan tiket resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com.

Sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik dunia yang memiliki jaringan kuat ke berbagai negara, AirAsia terus melakukan berbagai upaya mendukung pariwisata di Indonesia dan Asia. AirAsia juga terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk menerapkan protokol kesehatan dengan memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru airasia, ikuti Twitter (twitter.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/airasiasuperapp.id), dan Instagram (instagram.com/flyairasia.id).

***SELESAI***