Terbang Tinggi! AirAsia Rayakan Penerbangan Perdana dari Jakarta ke Kuching

KUCHING, 15 Juni 2023 - Ibu kota Sarawak hari ini menyambut para tamu penerbangan perdana AirAsia dari Jakarta ke Kuching, di Bandara Internasional Kuching. 

Rute tersebut saat ini menjadi satu-satunya penerbangan langsung Jakarta-Kuching dan menandai komitmen Indonesia AirAsia untuk mendukung kerja sama pemerintah Indonesia dan Malaysia khususnya negara bagian Sarawak, dalam meningkatkan konektivitas dan mempercepat pemulihan sektor pariwisata di kedua negara.

Menteri Transportasi Sarawak YB Dato' Sri Lee Kim Shin bersama dengan Wakil Menteri Pariwisata, Industri Kreatif dan Seni Pertunjukan Sarawak Datuk Sebastian Ting Chiew Yew dan Direktur Pemasaran Regional Kementerian Pariwisata Indonesia Raden Wisnu Sindhutrisno, menerima tamu perdana di penerbangan QZ530 dari Jakarta yang tiba pada pukul 10.40 pagi waktu setempat. Hadir dengan penerbangan tersebut juga adalah Direktur Operasi Indonesia AirAsia, Kapten Wuri Septiawan. Acara penyambutan ini diselenggarakan bersama oleh AirAsia, Kementerian Transportasi Sarawak, Badan Pariwisata dan didukung oleh Bandara Malaysia.

Rute baru yang dioperasikan oleh Indonesia AirAsia ini menandai rute internasional keempat AirAsia yang menghubungkan Sarawak ke Asean, setelah rute AirAsia Malaysia dari Kuching, Miri dan Sibu ke Singapura yang diluncurkan tahun lalu.

Menawarkan frekuensi penerbangan tiga kali seminggu antara Jakarta dan Kuching, tarif promo sekali jalan tersedia untuk dipesan di airasia Superapp, website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalan lainnya mulai dari Rp899,000* sekali jalan (Jakarta-Kuching) dan RM119* sekali jalan (Kuching-Jakarta). Tarif spesial ini sudah dapat dipesan oleh calon penumpang sejak hari ini hingga 18 Juni 2023 untuk jadwal terbang antara hari ini hingga 14 Desember 2023.

Kapten Wuri Septiawan, Direktur Operasi Indonesia AirAsia mengatakan: “Rute ini merupakan bukti dukungan AirAsia terhadap Indonesia dan Malaysia, tidak hanya untuk mempercepat pemulihan industri pariwisata, tetapi juga untuk mempererat hubungan dan menjajaki peluang kerja sama. Dengan rute ini, kami berharap semakin banyak tamu kami yang dapat melakukan perjalanan antara Jakarta dan Kuching dengan mudah dan terjangkau, baik untuk liburan maupun bisnis.”

“Saat ini kami memulai penerbangan rute Jakarta-Kuching dengan frekuensi tiga kali seminggu, dan kami akan meninjau peluang untuk memperluas layanan ini berdasarkan permintaan penumpang. Kami ingin berterima kasih kepada Kementerian Transportasi Sarawak, Kementerian Pariwisata, Industri Kreatif dan Seni Pertunjukan Sarawak, Dewan Pariwisata Sarawak, dan semua pemangku kepentingan atas dukungan untuk mewujudkan layanan ini. Ini adalah pertama kalinya AirAsia menerbangi rute ini dan menjadi satu-satunya maskapai yang menerbangi rute ini. Kami yakin dengan dukungan dan kerja sama semua pemangku kepentingan, jalur ini dapat menjadi populer dan berkelanjutan.”

YB Dato Sri Lee Kim Shin, Menteri Perhubungan Sarawak, berujar, “Saya ingin memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas pekerjaan luar biasa yang dilakukan oleh AirAsia bekerja sama dengan Dewan Pariwisata Sarawak, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia dan Dinas  Pariwisata DKI Jakarta untuk mempersiapkan rute ini; dan untuk memastikan bahwa rute ini tidak hanya dicari oleh orang Sarawak, tetapi yang lebih penting bagi kami juga untuk mendorong orang Indonesia untuk datang dan mengunjungi Kuching dan Sarawak secara keseluruhan. Sangat penting bahwa semua pemangku kepentingan industri menganggapnya sebagai tanggung jawab bersama untuk mempromosikan Sarawak di pasar strategis seperti Indonesia dan memastikan rute tersebut berkelanjutan. Koneksi ke Jakarta adalah sebuah cara untuk konektivitas yang lebih luas dari Sarawak ke bagian lain di Indonesia, terutama dengan berdirinya ibu kota administratif baru negara Nusantara, di Kalimantan Timur.”

Secara total, saat ini AirAsia mengoperasikan 23 penerbangan internasional per minggu ke Sarawak dari Singapura dan Jakarta dan akan meningkatkan frekuensi seiring dengan permintaan.

Untuk info terbaru tentang penerbangan, promosi terbaru AirAsia, perjalanan, gaya hidup, dan lainnya, ikuti media sosial Indonesia AirAsia di Instagram (instagram.com/flyairasia.id), Facebook (facebook.com/airasiasuperapp.id) atau Twitter (twitter.com/airasia_indo). 

*Tarif sekali jalan sekali jalan sudah termasuk pajak bandara, biaya MAVCOM, biaya tambahan bahan bakar, dan biaya lain yang berlaku. Syarat dan ketentuan lain berlaku.

**SELESAI**