Indonesia AirAsia Terbang Perdana dari Hong Kong, Buka Akses Langsung menuju Pulau Dewata

Denpasar, 1 Oktober 2024 - Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia selama 15 kali berturut-turut versi Skytrax, Indonesia AirAsia hari ini meresmikan penerbangan perdana rute baru Hong Kong - Denpasar yang menandai langkah penting dalam memperluas jaringan internasionalnya. Penerbangan dengan kode QZ 301 lepas landas dari Hong Kong International Airport pada pukul 06.55 waktu setempat dengan membawa 171 penumpang dan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pukul 11.50 WITA.

“Pembukaan rute Denpasar - Hong Kong ini merupakan tonggak penting bagi Indonesia AirAsia dalam memperluas jaringan penerbangan internasional kami. Kami yakin, dengan penerbangan langsung ini, akan semakin menarik lebih banyak wisatawan  untuk berkunjung ke Bali dan Hong Kong, dua destinasi unggulan dunia,” ujar Veranita Yosephine, Direktur Utama Indonesia AirAsia.

Vera juga menambahkan dengan rute baru ini, Indonesia AirAsia berharap dapat memperkuat kontribusinya dalam meningkatkan arus wisatawan internasional yang masuk ke Bali, serta memfasilitasi perjalanan masyarakat Indonesia ke luar negeri, khususnya ke Hong Kong, yang dikenal sebagai salah satu pusat keuangan dan destinasi wisata ternama di dunia.

“Konektivitas merupakan kunci untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia, terlebih penerbangan langsung dari Hong Kong ke Indonesia memang dinantikan. Penerbangan AirAsia diharapkan dapat menarik lebih banyak turis Hong Kong dan internasional ke Indonesia, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan devisa dari sektor pariwisata dan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga juga menambahkan ke depannya, diyakini akan lebih banyak lagi maskapai yang membuka rute penerbangan langsung, mengingat tren pasar wisatawan mancanegara asal Hong Kong mulai meningkat. Di samping itu, Indonesia merupakan destinasi yang amat disukai oleh wisman asal Hong Kong dengan keindahan alam dan kemiripan budayanya.

Acara peresmian penerbangan ini dihadiri oleh perwakilan manajemen Indonesia AirAsia, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Made Ayu Marthini, dan pemangku kepentingan bandara internasional Ngurah Rai Denpasar, Bali.

Indonesia AirAsia akan melayani rute ini dengan frekuensi terbang setiap hari untuk memberikan fleksibilitas bagi para penumpang yang ingin menjelajahi kedua kota dinamis ini, baik untuk keperluan bisnis maupun rekreasi. Sebagai salah satu maskapai dengan harga terjangkau dan layanan terbaik, Indonesia AirAsia terus mendukung pertumbuhan pariwisata dan memperkuat konektivitas antar negara di Asia.

Berdasarkan data dari Hong Kong Tourism Board (HKTB), jumlah wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Hong Kong dari bulan Januari hingga Juli 2024 mengalami lonjakan signifikan sebesar 76,2%, mencapai 208,000 kunjungan, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 sebanyak 118.000 kunjungan. Sementara itu, data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) menunjukkan bahwa sepanjang Januari hingga Juni 2024, wisatawan mancanegara dari Hong Kong ke Indonesia telah mencapai 13,673 kunjungan, hampir 98,5% dari total kunjungan tahun 2023 yang berjumlah 13,885. Dengan peluncuran penerbangan langsung dari Jakarta dan Bali ke Hong Kong oleh Indonesia AirAsia, diharapkan angka kunjungan dari kedua negara ini akan terus meningkat hingga akhir tahun 2024.

Hong Kong adalah kota metropolitan yang semarak, terkenal dengan perpaduan antara alamnya yang hijau dan keunggulan kehidupan kotanya, menjadikannya destinasi yang memikat bagi para wisatawan. Terletak di pantai selatan Cina, Hong Kong menawarkan berbagai daya tarik, mulai dari pelabuhan Victoria yang ikonik hingga kawasan perbelanjaan mewah di Causeway Bay dan Tsim Sha Tsui. Selain terkenal dengan kulinernya yang beragam dan lezat, pemandangan cakrawala yang memukau, dan kehidupan malam yang semarak di Lan Kwai Fong, Hong Kong juga memiliki banyak 'hidden gems' yang menanti untuk dijelajahi para pengunjungnya. Mulai dari distrik Sham Shui Po yang kaya akan warisan budaya lokal, pantai berpasir dan trekking di pulau-pulau terpencil, hingga membuat cinderamata Anda sendiri di workshop Neon Sign, Hong Kong menawarkan sesuatu yang unik untuk semua orang.

Tidak hanya wisatawan dari Indonesia yang dapat berkunjung ke Hong Kong, tetapi juga sebaliknya. Wisatawan asal Hong Kong dapat mengeksplorasi Jakarta dan Bali, dua destinasi utama di Indonesia. Jakarta, sebagai ibu kota, menawarkan pengalaman budaya dan ekonomi yang dinamis dengan landmark seperti Monumen Nasional (Monas) dan kawasan bersejarah Kota Tua, serta beragam kuliner dan kehidupan malam. Bali, yang dikenal sebagai “Pulau Dewata,” memikat pengunjung dengan pantai pasir putih, pura-pura bersejarah, dan sawah terasering yang hijau, serta suasana santai dan budaya yang kaya. Keduanya memberikan pengalaman unik dan beragam, menjadikannya destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan perjalanan lanjutan dari Jakarta dan Bali untuk menjelajahi Lampung, Labuan Bajo, Banjarmasin, Balikpapan hingga Perth, Australia.

Seluruh tiket penerbangan AirAsia dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalan resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com.

Indonesia AirAsia selalu mengedepankan standar keamanan dan keselamatan di setiap penerbangannya. Indonesia AirAsia pun sudah diakui secara resmi sebagai operator yang telah menyelesaikan audit keselamatan operasional yang dilakukan oleh International Air Transport Association (IATA), atau yang dikenal dengan IATA Operational Safety Audit (IOSA).

Indonesia AirAsia mengingatkan kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 Kg per orang. Jika melebihi dari berat yang ditentukan, dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter check in di Bandara keberangkatan.

Indonesia AirAsia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru airasia, ikuti Twitter (twitter.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/flyairasia.id), dan Instagram (instagram.com/flyairasia.id).

***SELESAI***