Indonesia AirAsia Resmi Terbang Langsung dari Jakarta ke Hong Kong, Tingkatkan Akses Penerbangan Internasional ke Asia

Jakarta, 8 Oktober 2024 Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia versi skytrax, Indonesia AirAsia, kini resmi melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke Hong Kong. Penerbangan ini menyusul kesuksesan peresmian rute Bali - Hong Kong yang berlangsung pada 1 Oktober 2024, minggu lalu. Setelah memperkuat kehadirannya di kawasan ASEAN dan Australia, Indonesia AirAsia juga memperluas jangkauan internasionalnya dengan meningkatkan konektivitas penerbangan ke Asia, khususnya melalui Hong Kong.

“Pembukaan rute Jakarta - Hong Kong merupakan langkah nyata Indonesia AirAsia dalam memperluas destinasi internasionalnya, terutama di Asia, dan memperkuat posisinya sebagai maskapai dengan jaringan penerbangan yang luas. Indonesia AirAsia terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada para penumpang dengan menghadirkan rute-rute baru yang strategis,” tutur Veranita Yosephine, Direktur Utama Indonesia AirAsia.

Veranita menambahkan bahwa Indonesia AirAsia optimis dapat berperan penting dalam memfasilitasi mobilitas serta pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi di tanah air, terutama dalam mendatangkan wisatawan mancanegara dari Hong Kong untuk mengeksplorasi keindahan Indonesia. Indonesia AirAsia juga siap untuk menghubungkan penumpang dari Indonesia ke lebih banyak destinasi di Hong Kong.

“Konektivitas merupakan kunci untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia, terlebih penerbangan langsung dari Hong Kong ke Indonesia memang sangat dinantikan. Penerbangan AirAsia diharapkan dapat menarik lebih banyak turis Hong Kong dan internasional ke Indonesia, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan devisa dari sektor pariwisata dan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan,” ujar Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menekankan pentingnya penerbangan langsung dari negara asal wisman ke Indonesia, khususnya Hong Kong yang memang sudah menjadi hub internasional. “Hong Kong merupakan hub di Asia dan kami berharap pembukaan rute baru ini semakin mendorong kunjungan wisman dari Hong Kong dan negara-negara lain ke Indonesia.”

Penerbangan perdana Indonesia AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 400 dengan tingkat keterisian 100% dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), mendarat dengan sempurna di Hong Kong International Airport (HKIA) pada pukul 12.35 waktu setempat.

“Peresmian ini bukan hanya sekadar peningkatan pilihan penerbangan, tetapi juga mencerminkan hubungan yang semakin erat antara Indonesia dan Hong Kong,” ujar Yul Edison, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong. Ia berharap rute penerbangan langsung ini akan mendorong lebih banyak wisatawan Hong Kong untuk berkunjung ke Indonesia, terutama setelah diberlakukannya kembali kebijakan bebas visa bagi pemegang paspor Hong Kong mulai 29 Agustus 2024 dan seterusnya.

"Kami menyambut baik langkah AirAsia untuk terus memperluas jaringannya di Hong Kong International Airport (HKIA). Awal tahun ini, kami meluncurkan program insentif yang mendorong maskapai untuk meningkatkan frekuensi penerbangan yang menghubungkan Hong Kong. Tujuan kami adalah memperkuat posisi HKIA sebagai hub penerbangan internasional. Penambahan rute baru oleh Indonesia AirAsia sejalan dengan visi kami untuk memperluas jaringan dan memperkuat peran kami sebagai bandara terkemuka," kata Chapman Fong, Deputy Director Airport Operations of Airport Authority Hong Kong.

Berdasarkan data dari Hong Kong Tourism Board (HKTB), jumlah wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Hong Kong dari bulan Januari hingga Juli 2024 mengalami lonjakan signifikan sebesar 76,2%, mencapai 208,000 kunjungan, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 sebanyak 118.000 kunjungan. Sementara itu, data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) menunjukkan bahwa sepanjang Januari hingga Juli 2024, wisatawan mancanegara dari Hong Kong ke Indonesia telah mencapai 17,225 kunjungan, melebihi total kunjungan tahun 2023 yang berjumlah 13,885. Dengan peluncuran penerbangan langsung dari Jakarta dan Bali ke Hong Kong oleh Indonesia AirAsia, diharapkan angka kunjungan dari kedua negara ini akan terus meningkat hingga akhir tahun 2024.

Hong Kong adalah kota metropolitan yang semarak, dikenal karena perpaduan alam hijau dan kehidupan kotanya yang dinamis. Terletak di pantai selatan Cina, Hong Kong menawarkan berbagai daya tarik, seperti pelabuhan Victoria yang ikonik, kawasan perbelanjaan mewah di Causeway Bay dan Tsim Sha Tsui, serta kuliner yang lezat. Selain pemandangan cakrawala yang memukau dan kehidupan malam di Lan Kwai Fong, kota ini juga memiliki 'hidden gems' seperti distrik Sham Shui Po yang kaya budaya, pantai berpasir, dan workshop Neon Sign.

Wisatawan dari Hong Kong juga dapat mengeksplorasi Jakarta, ibu kota Indonesia yang kaya akan pengalaman budaya. Di Jakarta, wisatawan dapat mengunjungi landmark ikonik seperti Monumen Nasional (Monas) dan menikmati kehidupan malam yang beragam. Selain itu, kota ini juga menawarkan berbagai pilihan kuliner dan pusat perbelanjaan yang menarik. Jakarta menjadi titik awal yang sempurna untuk menjelajahi destinasi lain di Indonesia, seperti Lampung, Labuan Bajo, dan Danau Toba.

Tiket penerbangan dari Jakarta (CGK) dan Bali (DPS) ke Hong Kong (HKG) dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalan resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com.

Indonesia AirAsia selalu mengedepankan standar keamanan dan keselamatan di setiap penerbangannya. Indonesia AirAsia pun sudah diakui secara resmi sebagai operator yang telah menyelesaikan audit keselamatan operasional yang dilakukan oleh International Air Transport Association (IATA), atau yang dikenal dengan IATA Operational Safety Audit (IOSA).

Indonesia AirAsia juga mengingatkan kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 Kg per orang. Jika melebihi dari berat yang ditentukan, dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter check in di Bandara keberangkatan.

Indonesia AirAsia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru airasia, ikuti X (x.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/flyairasia.id), dan Instagram (instagram.com/flyairasia.id).