Indonesia AirAsia Tambah 2 Rute Internasional Sekaligus, Terbang Langsung Dari Denpasar ke Phuket & Kota Kinabalu

Jakarta, 13 Juni 2024 – Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia versi skytrax, Indonesia AirAsia, kembali membuka 2 rute internasional yang terbang langsung dari Denpasar ke Phuket, Thailand dan Denpasar ke Kota Kinabalu, Malaysia. Pembukaan rute ini menunjukkan upaya Indonesia AirAsia dalam memperluas konektivitas jaringan udara dan memperkuat potensi pariwisata Indonesia dimata dunia.

“Indonesia AirAsia terus melakukan terobosan baru dalam membuka berbagai rute penerbangan yang dapat memudahkan penumpang untuk berkunjung dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Seperti kedua rute terbaru ini, yang menjadi satu-satunya penerbangan langsung yang menghubungkan destinasi populer Denpasar-Phuket, Thailand dan Denpasar-Kota Kinabalu yang terletak di Sabah, Malaysia,” kata Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine di Jakarta, Kamis (13/6).

Veranita menambahkan sejak dibukanya rute Jakarta-Kota Kinabalu pada Februari lalu, terlihat betapa antusiasnya penumpang atas rute ini. Tercatat dari Februari hingga Mei 2024, tingkat keterisiannya mencapai lebih dari 94%. Sehingga Indonesia AirAsia mengambil langkah strategis dalam melebarkan sayapnya dan kembali menghubungkan penumpang dari Indonesia ke Kota Kinabalu melalui Denpasar.

Menilik data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), selama tahun 2023 wisatawan asal Malaysia juga menduduki posisi pertama sebagai wisatawan mancanegara terbanyak yang mengunjungi Indonesia dengan total 16,28% atau sebanyak 1,901,242 wisatawan. Begitu pun dengan Indonesia, berdasarkan data dari Departemen Imigrasi Sabah, Malaysia pada tahun 2023, wisatawan mancanegara asal Indonesia juga menduduki peringkat ketiga atau sebanyak 91,917 wisatawan yang mengunjungi Sabah.

Sementara itu wisatawan mancanegara asal Thailand juga terlihat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. BPS mencatatkan di tahun 2023 jumlah wisatawan mancanegara Thailand naik sebesar 82,88% atau 111,786 kunjungan, jika dibandingkan dengan tahun 2022 yang hanya mencapai 61,128 kunjungan.

Diharapkan dengan penambahan rute baru ke Phuket dan Kota Kinabalu ini, dapat meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia di tahun 2024. Sehingga bisa mencapai target yang telah ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebanyak 17 juta kunjungan, serta memberikan kontribusi positif melalui peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, baik di sektor pariwisata maupun perekonomian Indonesia. 

Selain itu, pembukaan rute-rute ini berkontribusi dalam meningkatkan konektivitas udara antar destinasi wisata di ASEAN, memudahkan wisatawan internasional mengunjungi beberapa destinasi. Hal ini mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan pendapatan, lapangan kerja, dan investasi, serta memperkuat kerjasama regional dan pertukaran budaya. 

Tiket pesawat kedua rute penerbangan tersebut sudah mulai bisa dipesan sejak hari ini, 13 Juni 2024. Penerbangan pertama rute Denpasar-Kota Kinabalu akan mulai beroperasi pada 9 Agustus 2024 dengan frekuensi terbang sebanyak 3x dalam seminggu (Rabu, Jumat dan Minggu). Sementara rute Denpasar-Phuket akan beroperasi mulai 10 Agustus 2024 dengan dengan frekuensi terbang sebanyak 3x dalam seminggu (Selasa, Kamis dan Sabtu).

Phuket merupakan pulau eksotik yang menjadi primadona Thailand ini kerap diburu wisatawan dan menjadi destinasi wajib dikunjungi untuk menikmati liburan dengan suasana tropis. Wisatawan dapat menikmati keindahan pulau Phuket dengan mengunjungi Phuket Old Town, Banana Beach, Koh Hey, Hanuman World Phuket, Carnival Magic dan The Big Buddha Temple serta pantai-pantai yang menyajikan pemandangan laut biru jernih dan pasir pantai yang putih. 

Begitu juga dengan Kota Kinabalu yang menawarkan keindahan alam menakjubkan dan kaya akan budaya. Dari museum hingga pantai, serta gunung tertinggi di Malaysia, kota ini memiliki banyak hal untuk dijelajahi. Wisatawan dapat mencoba mendaki Gunung Kinabalu dan menikmati matahari terbit dari ketinggian 4.095 meter. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah langsung dari Pantai Tanjung Aru. Kota ini juga memiliki berbagai destinasi wisata favorit lainnya seperti Sabah State Museum, Mari Mari Cultural Village, Atkinson Clock Tower, Gaya Street Sunday Market, KK Waterfront serta Tanjung Aru Perdana Park.

Tidak hanya wisatawan dari Indonesia saja yang bisa menikmati pariwisata di Phuket dan Kota Kinabalu. Begitupun sebaliknya, wisatawan dari Thailand dan Sabah juga bisa mengunjungi berbagai spot destinasi menarik di Bali yang terkenal akan keindahan alam dan kekayaan budaya sebagai ciri khasnya. Berbagai spot destinasi favorit di Indonesia lainnya juga bisa dijangkau dengan melakukan penerbangan lanjutan bersama Indonesia AirAsia melalui Denpasar seperti Labuan Bajo, Kupang dan Lampung.

Jadwal Penerbangan Indonesia AirAsia dari Denpasar (DPS) ke Kota Kinabalu (BKI)

Jadwal Penerbangan Indonesia AirAsia dari Bali (DPS) ke Phuket (HKT)

Tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalan resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com.

Indonesia AirAsia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Indonesia AirAsia juga mengingatkan kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 Kg per orang. Jika melebihi dari berat yang ditentukan, dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter check in di Bandara keberangkatan.

Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru airasia, ikuti Twitter (twitter.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/flyairasia.id), dan Instagram (instagram.com/flyairasia.id).