AirAsia perkenalkan armada baru penerbangan jarak jauh di Paris Air Show

(ketiga dari kiri) Deputy Group CEO (Airlines) AirAsia Bo Lingam, Group CEO AirAsia X Nadda Buranasiri, Chairman AirAsia X Berhad Tan Sri Rafidah Aziz, Chief Commercial Officer Airbus Christian Scherer, dan CEO Avolon Domhnal Slattery berfoto bersama awak kabin AirAsia.

(ketiga dari kiri) Deputy Group CEO (Airlines) AirAsia Bo Lingam, Group CEO AirAsia X Nadda Buranasiri, Chairman AirAsia X Berhad Tan Sri Rafidah Aziz, Chief Commercial Officer Airbus Christian Scherer, dan CEO Avolon Domhnal Slattery berfoto bersama awak kabin AirAsia.

LE BOURGET, 17 Juni 2019 - AirAsia, maskapai pertama pengguna pesawat Airbus A330neo di wilayah Asia Pasifik, memperkenalkan pesawat generasi terbaru untuk melayani penerbangan jarak jauh pada perhelatan Paris Air Show.

Pesawat tersebut akan ditempatkan di Don Mueang International Airport, Bangkok, Thailand, untuk mendukung pertumbuhan dan rencana ekspansi jaringan penerbangan di pasar utama AirAsia di Australia, Jepang dan Korea Selatan.

Seremoni peluncuran pesawat tersebut dihadiri oleh Chairman AirAsia X Berhad Tan Sri Rafidah Aziz, Group CEO AirAsia X Nadda Buransiri, Deputy Group CEO (Airlines) AirAsia Bo Lingam, Chief Commercial Officer Christian Scherer dan President Civil Aerospace Rolls-Royce Chris Cholerton, CEO Avolon Domhnal Slattery, serta disaksikan oleh para pelaku industri dan media dari berbagai negara.

Group CEO AirAsia X, Nadda Buranasiri mengatakan, “Momen ini sangat penting bagi industri penerbangan, khususnya bagi penumpang kami, karena pesawat ini akan merevolusi nilai dan pasar perjalanan udara jarak jauh. AirAsia merasa bersemangat kembali berada di depan dengan menjadi yang pertama mengoperasikan pesawat A330neo generasi terbaru yang berteknologi canggih ini di pasar Asia Pasifik.

“Dengan jumlah pesanan langsung sebanyak 66 pesawat dan 2 lainnya dari leasing, pesawat A330neo adalah visi kedepan AirAsia dalam pengoperasian penerbangan jarak jauh, yang akan memberikan pengalaman baru bagi penumpang dengan adanya fitur dengan desain terbaru serta beberapa modifikasi yang akan membuat perjalanan jarak jauh akan lebih nyaman dari sebelumnya.”

“Penumpang akan melihat dan merasakan perbedaan pada ruang kursi yang lebih lega, ruang bagasi kabin yang lebih besar, pengaturan pencahayaan di seluruh kabin, ketersediaan soket listrik di setiap kursi, dan suasana kabin yang lebih senyap dibanding pesawat sejenis.”

Buransiri menambahkan: “AirAsia X terus fokus untuk menghadirkan nilai terbaik dari harga tiket penerbangan jarak menengah dan jauh yang ditawarkan. Kehadiran A330neo akan menambah jangkauan terbang kami ke destinasi-destinasi baru. Penerbangan langsung ke Eropa dan Amerika Serikat kini menjadi mungkin, dan kami sedang merencanakan jaringan dan produk baru untuk memanfaatkan sepenuhnya keunggulan dan kesempatan yang ditawarkan oleh pesawat ini seperti daya jelajah yang lebih jauh serta biaya yang lebih efisien, yang akan kami umumkan segera.”

Chief Commercial Officer Airbus, Christian Scherer mengatakan, “Efisiensi operasional, inovasi produk dan pertumbuhan adalah landasan dari bisnis AirAsia, yang juga sejalan dengan A330neo. Sebagai pesawat berbadan lebar terbaru dengan unit biaya per mil terendah, A330neo akan menghadirkan perubahan selangkah lebih maju dalam hal efisiensi bahan bakar. Kemampuan jelajah yang lebih jauh juga akan membuka kesempatan baru untuk pengembangan jaringan penerbangan jarak jauh AirAsia X Thailand.”

President Civil Aerospace Rolls-Royce, Chris Cholerton mengatakan, “Hari ini merupakan hari yang istimewa bagi tim Rolls-Royce. Kami merasa senang melihat pesawat A330neo diperkenalkan di Paris Air Show dengan livery AirAsia. Kami tidak sabar melihat pesawat ini terbang di langit Asia. Mesin Trent 7000 Rolls-Royce merupakan elemen penting untuk menghasilkan 14% pengurangan konsumsi bahan bakar A330neo, dibandingkan pendahulunya Trent 700, yang merupakan kunci dari keunggulan pesawat ini.

AirAsia A330neo diperkenalkan secara resmi dan tersedia untuk dikunjungi di eksebisi statis Airbus mulai 17-19 Juni 2019, dan terbuka untuk pengunjung Paris Air Show dan media antara pukul 09.00-10.00 pagi. Pesawat akan mulai melayani penerbangan di Bangkok mulai bulan depan.