Statistik Usaha Tahap Awal PT AirAsia Indonesia Tbk - Kuartal IV Tahun 2019 & Tahun Fiskal 2019

PT AirAsia Indonesia Tbk (‘AAID’ atau “Perseroan”) mengumumkan statistik usaha kuartal IV tahun 2019 (“4Q19”) dan statistik usaha setahun penuh untuk tahun fiskal yang berakhir pada 31 Desember 2019 (“FY2019”).

Perseroan mencatat tingkat keterisian sebesar 81% untuk 4Q19, turun 1 poin persen (“ppt”) yang dipengaruhi oleh pertumbuhan kapasitas 32% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, sementara penumpang yang diangkut meningkat 30% dibanding kuartal yang sama tahun lalu. Revenue Passenger Kilometre ("RPK") meningkat sebesar 19% selama kuartal ini selaras dengan peningkatan pada Available Seat Kilometre ("ASK"). Terdapat enam rute baru yang diluncurkan pada 4Q19, yaitu Jakarta-Belitung, Jakarta-Sorong, Kuala Lumpur-Belitung, Kuala Lumpur-Pontianak, Jakarta-Johor Bahru, dan Surabaya-Lombok. Perseroan juga menambah 1 unit pesawat pada kuartal ini.

Selama tahun 2019, Perseroan telah mengangkut 8 juta penumpang, meningkat sebesar 52% year-on-year sedangkan tingkat keterisian juga naik 2 ppt menjadi 84% yang dilatari oleh meningkatnya permintaan dan didukung dengan konektivitas yang komprehensif serta keberadaan yang kuat di Asia Tenggara. Perseroan menambah total 4 unit pesawat selama tahun ini dan menutup tahun dengan total armada sebanyak 28 unit.

Statistik Usaha Kuartal IV 2019

Screen Shot 2020-01-30 at 10.36.53.png

Statistik Usaha Tahun Fiskal 2019

*Catatan: Delapan (8) unit pesawat A320 yang dioperasikan oleh PT Indonesia AirAsia Extra (IAAX) yang telah dikembalikan pada PT Indonesia AirAsia (IAA) pada 4Q 2018.

*Catatan: Delapan (8) unit pesawat A320 yang dioperasikan oleh PT Indonesia AirAsia Extra (IAAX) yang telah dikembalikan pada PT Indonesia AirAsia (IAA) pada 4Q 2018.

  1. Jumlah kursi terjual yang diterbangkan, termasuk yang penumpangnya tidak melaporkan diri/ naik ke pesawat (termasuk no-show).

  2. Jumlah kursi yang diterbangkan.

  3. Persentase perbandingan jumlah penumpang terhadap kapasitas.

  4. Available Seat Kilometre (ASK) merupakan satuan ukuran kapasitas penumpang pesawat yang merupakan hasil perkalian antara jumlah total kursi pada seluruh penerbangan yang terjadi dengan jarak penerbangan dalam satuan kilometer.

  5. Revenue Passenger Kilometre (RPK) merupakan satuan ukuran volume penumpang yang diterbangkan oleh maskapai yang merupakan hasil perkalian antara jumlah penumpang dengan jarak penerbangan dalam satuan kilometer.

  6. Jumlah penerbangan yang diterbangkan.

  7. Jumlah armada pesawat termasuk pesawat cadangan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Hubungan Investor:

Anthony Jauw Waludin                                                       

Telp          : +62 21 2985 0888                   

Email :    iaa_ir@airasia.com

Untuk informasi lebih lanjut terkait PT AirAsia Indonesia Tbk, silakan kunjungi : http://ir.aaid.co.id/

Pernyataan-pernyataan yang dipaparkan dalam dokumen ini yang bukan bersifat fakta historis merupakan pernyataan yang memuat prediksi (forward looking statement). Pernyataan-pernyataan tersebut mengandung risiko dan ketidakpastian yang dapat berubah sewaktu-waktu, yang dapat mempengaruhi hasil kinerja AirAsia. Yang termasuk dalam risiko dan ketidakpastian, namun tidak terbatas pada hal-hal yang disebutkan, antara lain adalah risiko terkait dengan ketidakpastian iklim dari industri perjalanan udara, tren bisnis secara musim, volatilitas harga bahan bakar, ancaman terorisme, persepsi terhadap keselamatan sebuah destinasi, perubahan peraturan serta persetujuan pemerintah terhadap, namun tidak terbatas pada, hal-hal yang terkait dengan hak izin pendaratan di destinasi baru.