AirAsia berangkatkan ratusan warga negara India melalui misi repatriasi

JAKARTA, 8 Juli 2020 - AirAsia berhasil memfasilitasi penerbangan repatriasi 169 warga negara India melalui penerbangan khusus tidak berjadwal pada 7 Juli 2020 dari Jakarta ke Tamil Nadu, India. Penerbangan repatriasi ini dilaksanakan atas kerja sama dengan organisasi Indonesia Tamil Sangam dan didukung oleh Kedutaan Besar India di Jakarta.

Penerbangan khusus repatriasi dengan kode penerbangan QZ 980 bertolak dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 08:00 WIB dan tiba di Tiruchirappalli International Airport pukul 12:25 waktu setempat menggunakan armada pesawat Airbus A320-200.

Chandrasekaran Rajalingam selaku Pengurus Indonesia Tamil Sangam menyampaikan, “Komunitas kami beranggotakan para warga negara India yang mayoritas bekerja di Indonesia dan berperan sebagai wadah pertukaran informasi antar sesama pendatang. Selama pandemi COVID-19, Pemerintah India menerapkan pembatasan perjalanan dan mengakibatkan banyak dari anggota komunitas kami tidak dapat kembali ke India. ”

Veranita Yosephine Sinaga selaku Direktur Utama AirAsia Indonesia mengatakan, “Kami sangat berbangga hati dapat mengambil bagian dalam misi sosial kali ini. Selama pandemi COVID-19, secara grup kami telah menuntaskan puluhan penerbangan repatriasi dan berhasil memulangkan ribuan tamu yang terjebak akibat pembatasan perjalanan di sejumlah negara kembali ke negara asalnya. Sebagai maskapai berbiaya hemat dengan jaringan yang kuat di Asia Pasifik, kami berharap dapat kembali berperan melayani misi-misi sosial lainnya dan membawa lebih banyak tamu untuk lebih dekat dengan orang yang dicintai.”

Ramesh Ramachandran selaku Pengurus Indonesia Tamil Sangam turut menambahkan, “Kami sangat berterima kasih kepada AirAsia Indonesia dan Kedutaan Besar India di Jakarta untuk segala usaha dan dukungannya kepada komunitas kami. Kami berharap inisiatif ini dapat menjadi inspirasi bagi komunitas-komunitas warga negara asing lainnya di Indonesia yang terjebak akibat pembatasan perjalanan dan berharap dapat kembali ke negaranya.”

AirAsia Indonesia melayani penerbangan sewa (charter) untuk penumpang dan kargo, termasuk untuk kebutuhan perjalanan pemerintah, swasta, organisasi, maupun komunitas masyarakat ke berbagai destinasi domestik dan internasional dengan persetujuan dari otoritas terkait. AirAsia  juga memberikan nilai tambah dengan menyertakan pilihan solusi bagi berbagai permasalahan terkait pengajuan izin penerbangan, persyaratan, regulasi, serta penanganan barang di destinasi yang dikehendaki terutama untuk kebutuhan ekspor dan impor serta repatriasi.

AirAsia telah menerapkan standar ketat dalam pengangkutan penumpang dan barang sebagaimana yang ditetapkan oleh pemerintah, otoritas penerbangan sipil dan badan kesehatan setempat dan global, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Seluruh penumpang yang berada dalam penerbangan ini pun telah memenuhi seluruh persyaratan terbang yang diwajibkan oleh pemerintah wilayah setempat. 

Seluruh armada telah dilengkapi dengan fitur penyaring udara HEPA (High Efficiency Particulate Arresters), yang dapat menyaring 99.999% partikel debu dan kontaminan di udara seperti virus dan bakteri. Pesawat yang digunakan langsung didesinfeksi segera setelah penerbangan sesuai dengan standar keselamatan operasional AirAsia.

Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan penerbangan khusus untuk penumpang atau pengangkutan kargo, silakan hubungi kami melalui email iaa_charter@airasia.com.

Untuk informasi terkini dan penting lainnya, silakan kunjungi situs airasia.com, ikuti akun sosial media AirAsia di Twitter (@AirAsia_Indo), Facebook (AirAsia), dan Instagram (@AirAsia_BhsIndonesia), atau hubungi layanan pelanggan kami melalui support.airasia.com.