AirAsia tambah konektivitas internasional, kini resmi terbang langsung dari Penang ke Bali

DENPASAR, 20 Oktober 2022 – AirAsia hari ini secara resmi menambah konektivitas internasionalnya di indonesia dengan melakukan penerbangan perdana langsung dari Penang, Malaysia ke Denpasar, Bali. Penerbangan rute baru Penang-Bali ini mempersingkat waktu tempuh antara kedua destinasi menjadi hanya 3 jam 35 menit dan membuka akses baru langsung ke Bali dari kota kedua di Malaysia setelah Kuala Lumpur.

Penerbangan perdana AirAsia berangkat dari Penang International Airport pada pukul 07:00 waktu setempat dan tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada pukul 10:35 WITA dengan membawa penumpang yang 91% nya merupakan Warga Negara Asing. Persentase terbesar berasal dari Malaysia, dan sebagian lainnya berasal dari Eropa dan lainnya. Kedatangan pesawat AirAsia pada penerbangan perdana ini mendapatkan sambutan khusus berupa water salute dari Angkasa Pura 1 sebagai pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai. Seluruh penumpang yang datang juga mendapatkan bingkisan spesial persembahan dari Utama Spice Bali dan potongan harga sebesar 30% untuk penumpang inaugural flight yang berbelanja di Utama Spice Bali.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Bali sekaligus Wakil Gubernur Bali, Bapak Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, mengatakan, “Kami sangat senang dan berterima kasih kepada AirAsia atas komitmennya untuk terus menambah penerbangannya di Bali. Dengan beroperasinya rute Penang-Bali ini AirAsia semakin mempertegas perannya sebagai stakeholder penting dalam pemulihan pariwisata di Bali pasca pandemi yang diproyeksikan akan terus tumbuh seiring dengan bertambahnya permintaan menjelang akhir tahun. Akses langsung Penang-Bali ini saya yakin dapat membuka Bali lebih luas lagi untuk menerima kunjungan turis tidak hanya dari warga Malaysia namun juga turis asing dan ekspatriat yang tinggal di Penang, negara bagian Malaysia yang terkenal sebagai salah satu kawasan utama industri manufaktur. Kami juga berharap para pelaku pariwisata di Bali dapat memanfaatkan konektivitas ini dengan memperluas kerja sama dengan berbagai pelaku industri di Penang untuk membuka pasar baru dan mempromosikan produk serta layanan wisata Bali di sana.” 

Penerbangan rute Penang-Bali dioperasikan oleh maskapai AirAsia Malaysia (kode penerbangan AK) menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 orang dengan frekuensi dua kali seminggu setiap hari Senin dan Kamis. Jadwal penerbangan akan terus bertambah seiring dengan peningkatan permintaan. 

Rute Penang-Bali merupakan rute internasional maskapai AirAsia Group yang ke-6 di Bali selain dari Bali-Perth, Bali-Manila, Bali-Bangkok, Bali-Singapura, dan Bali-Kuala Lumpur. Dengan beroperasinya rute ini jumlah rata-rata penerbangan internasional AirAsia ke Bali secara total bertambah menjadi 95 penerbangan dalam seminggu. 

AirAsia juga secara aktif memperluas konektivitas penerbangan reguler domestiknya di Bali untuk mempermudah para turis asing melanjutkan perjalanannya dari Bali langsung ke berbagai kota di Indonesia di antaranya Solo, Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, Labuan Bajo, dan yang terbaru Balikpapan. Pengembangan ini merupakan bagian dari perwujudan komitmen Grup Maskapai AirAsia untuk mendukung pemulihan pariwisata dan perekonomian di tanah air. Selain itu AirAsia juga melayani berbagai permintaan penerbangan sewa dari kota-kota lainnya ke Bali.

Tiket penerbangan AirAsia rute baru Penang-Bali telah tersedia di berbagai platform pemesanan seperti aplikasi airasia Super App dan agen perjalanan konvensional.

AirAsia mengimbau pelanggan untuk memastikan telah memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh masing-masing wilayah tujuan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan perjalanan domestik dan internasional dari dan ke Indonesia, silakan kunjungi halaman ini.

Unduh aplikasi airasia Super App sekarang untuk mendapatkan berbagai penawaran spesial. Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru dari AirAsia, ikuti Twitter (twitter.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/airasiasuperapp.id), dan Instagram (instagram.com/airasuperapp.id).

***SELESAI***