LAPORAN OPERASIONAL CAPITAL A KUARTAL II 2023

Peningkatan lalu lintas penumpang dua kali lipat dari tahun lalu mendorong pertumbuhan yang signifikan untuk layanan penerbangan dan bisnis digital

KUALA LUMPUR, 31 Juli 2023 - Capital A Berhad (“Capital A” atau “Grup”) telah mengumumkan Laporan Operasional untuk segmen penerbangan, teknis, digital dan logistik untuk Kuartal Kedua Tahun Buku 2023 ("2Q2023 ").

PENERBANGAN

Pada Kuartal II 2023, AirAsia Malaysia, AirAsia Thailand, AirAsia Indonesia dan AirAsia Filipina ("Maskapai Terkonsolidasi”) membukukan faktor muatan yang sehat sebesar 88% dengan membawa 14,2 juta penumpang, hampir dua kali lipat dari jumlah tahun-ke-tahun (“YoY”). Terhitung untuk keseluruhan grup, tersedia 16,2 juta kursi yang dioperasikan oleh 146 dari 166 pesawat yang aktif. Hingga saat ini, seluruh konsolidasi penerbangan AirAsia di semua negara telah memulihkan masing-masing 73% dan 74% untuk jumlah kapasitas dan penumpang yang diterbangkan dari pertengahan tahun 2019. Dengan kembali tingginya permintaan perjalanan, Available Seat Kilometres (“ASK”) bertumbuh menjadi 18.989 juta yaitu 132% YoY dan Revenue Passenger Kilometres (“RPK”) meningkat 146% YoY yang tercatat sebesar 16.312 juta.

Selama kuartal tersebut, maskapai penerbangan jarak pendek (short-haul) terbesar di grup, AirAsia Malaysia, mencatat load factor keseluruhan yang kuat sebesar 87% mencapai 6,4 juta penumpang. Di sisi lain, AirAsia Thailand membukukan tingkat keterisian sebanyak 89% dengan membawa 4,6 juta penumpang. Sementara itu AirAsia Indonesia dan AirAsia Filipina membukukan tingkat keterisian yang kuat sebesar 84% dan 91%, dengan jumlah penumpang yang dibawa masing-masing 1,5 juta dan 1,6 juta.

Sepanjang Q22023, penerbangan dalam negeri mengalami penguatan dan lalu lintas penerbangan internasional tetap lancar dengan tingkat keterisian yang menguntungkan. Menanggapi permintaan pasar internasional yang kuat, grup telah kembali mengalokasikan lebih banyak kapasitas ke rute internasional untuk memenuhi peningkatan pasar internasional yang kembali tinggi.

MOVE (nama baru airasia Digital, terdiri dari airasia Superapp & BigPay)

airasia Superapp terus mendapatkan momentum kuat dengan mencatat rata-rata Pengguna Aktif Bulanan (Monthly Active Users/“MAU”) triwulanan tertinggi sebesar 15 juta pada kuartal II tahun 2023, meningkat sebesar 40% YoY. Hal ini menyebabkan lonjakan jumlah transaksi sebesar 102% YoY menjadi 7,9 juta transaksi. Hasil yang menggembirakan ditunjukan dari keterlibatan pengguna aplikasi yang membaik karena jumlah transaksi meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan rata-rata MAU setiap tahun.

Nilai Pemesanan Bruto (Gross Booking Value/“GBV”) juga mengalami peningkatan sebesar 110% YoY. Bisnis Travel mengalami peningkatan sebesar 9% dan bisnis Delivers mengalami peningkatan sebesar 5%, sementara bisnis Rewards dan bisnis lainnya mencapai pertumbuhan hampir 8%. Peningkatan ini sebagian besar didorong oleh berbagai kampanye promo yang ditawarkan dari Superapp Super Sale, kursi gratis AirAsia dan upaya berkelanjutan untuk menambah pengemudi airasia ride yang memperbaiki target penyelesaian, yang menghasilkan total 2,6 juta perjalanan pada Juni 2023.

Pengguna kartu BigPay berkembang pesat sebesar 16% YoY mencapai 1,4 juta pengguna. Nilai Transaksi Bruto (Gross Transaction Value/“GTV”) juga membukukan tren peningkatan sebesar 40% YoY didorong oleh transaksi domestik untuk produk-produk Payment dan Remittance.

Selain itu, Marketplace GTV tumbuh sebesar 32% pertahun dengan pengenalan isi ulang seluler prabayar, yang memungkinkan pengguna untuk mengisi ulang langsung melalui aplikasi BigPay sekaligus mendapatkan poin airasia yang dapat ditukarkan dengan layanan dan produk di airasia Superapp. Segmen Lending yang diluncurkan di Malaysia pada kuartal I tahun 2022, tumbuh 6% YoY. Pertumbuhan produk Lending yang terkelola dilakukan untuk memastikan profil pengembalian risiko yang stabil dan seimbang.

LOGISTIK

Teleport terus menunjukkan kinerja yang kuat dengan mengantarkan sebanyak 45.250 ton kargo - meningkat sebesar 105% YoY - yang didorong oleh peningkatan kapasitas kargo dari kembalinya penerbangan internasional dan peningkatan utilisasi. Segmen pengiriman (Delivery) juga menunjukkan peningkatan yang kuat dengan mengirimkan 4,9 juta paket pada kuartal II tahun 2023. Peningkatan sebesar 321% dari tahun ke tahun menunjukkan keberhasilan Teleport untuk merebut pangsa dari produk utama yang sekarang dilayani oleh kombinasi kargo khusus dan kapasitas bagasi yang meningkatkan kemampuan Teleport untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Tanggal 12 Juli 2023 merupakan terobosan penting bagi Teleport dengan peresmian pesawat A321F khusus kargo pertamanya bernama Awan yang semakin memperkuat jaringan udaranya yang luas. Penerbangan perdana pesawat kargo tersebut dimulai pada 17 Juli 2023, meliputi Kuala Lumpur ke Kota Kinabalu dan rute Kuching di tahap awal, dengan rencana untuk memperluas jangkauan internasional dimulai dengan penerbangan ke Hong Kong pada bulan Agustus.

AVIATION SERVICES

Asia Digital Engineering

Asia Digital Engineering (“ADE”), penyedia layanan Maintenance, Repair and Overhaul (“MRO”) di Asia Tenggara menyelesaikan 22 pemeriksaan pemeliharaan dasar pada Kuartal II tahun 2023, meningkat dari 12 pemeriksaan yang dilakukan pada periode yang sama tahun lalu, berkat dimulainya dua jalur pemeliharaan tambahan di Senai. Layanan pemeliharaan jalur ini juga tumbuh secara berkelanjutan sebesar 179% dari tahun ke tahun, dimana 98% berasal dari pesawat berbadan sempit (narrowbody aircraft) dan 2% sisanya dari pesawat berbadan lebar (widebody aircraft).

Santan

Penyedia layanan penerbangan inflight grup, Santan, mencatat 4,8 juta unit terjual pada Kuartal II tahun 2023, naik sebesar 189% dari YoY. Di antaranya, 98% adalah produk makanan dan minuman yang mudah hancur dan tidak mudah hancur (perishable and non-perishable) dan 2% sisanya adalah produk duty-free dan produk merchandise. Lonjakan permintaan produk inflight sejalan dengan peningkatan frekuensi penerbangan dan perbaikan trafik penumpang.

Segmen makanan siap saji dan makanan beku mengalami penurunan 16% QoQ dalam jumlah unit yang terjual. Akses konsumen terhadap produk-produk ini menurun selama periode ini, sebagai akibat dari peralihan distribusi ke minimarket untuk produk makanan dalam kemasan. Sementara itu, segmen restoran dan kafe mengalami kenaikan penjualan unit sebesar 18% QoQ yang diperoleh dari lalu lintas pejalan kaki yang lebih tinggi.

Ground Team Red (GTR) - Perusahaan Asosiasi

GTR, perusahaan afiliasi layanan ground handling, mengelola hampir 37.000 penerbangan, (94% di antaranya dari AirAsia) dan menangani 5,7 juta penumpang pada Kuartal II tahun 2023. Selain itu, GTR mengelola 16.787 ton kargo mengalami kenaikan sebesar 39% YoY, sejalan dengan penambahan kapasitas bagasi karena peningkatan frekuensi penerbangan rute domestik dan internasional dari pemulihan perjalanan yang sedang berlangsung.