AirAsia optimalkan pengelolaan rantai pasokan melalui kerja sama dengan AC2 Group

Maskapai berbiaya hemat terkemuka terapkan sistem manajemen gudang Blue Yonder

SEPANG, 30 Desember 2020 - AirAsia Group, maskapai low-cost terbaik dunia 11 kali berturut-turut, mengumumkan kemitraannya dengan AC2 Group untuk menginstal sistem manajemen gudang (WMS) Blue Yonder secara digital guna mengoptimalkan kemampuan pengelolaan rantai pasokan dan operasionalnya, seiring dengan adanya peningkatan kapasitas domestik dan permintaan perjalanan.

Head of Supply Chain AirAsia Group, Siva Indran mengatakan, “Kami kembali membuat suatu pencapaian hari ini dengan menerapkan manajemen rantai pasokan digital di seluruh Grup. WMS Blue Yonder menggunakan data dan analitik canggih untuk menciptakan efisiensi yang lebih besar bagi maskapai serta meningkatkan manfaat bagi para pelanggan kami, dengan menyediakan produk yang tepat pada penerbangan tertentu berdasarkan preferensi penumpang. Selain itu, pelanggan bisa mendapatkan penawaran yang lebih menarik selama penerbangan, termasuk untuk layanan pengiriman ke rumah. Kami terus berinovasi agar dapat mempersiapkan diri menjelang pemulihan industri perjalanan udara yang diharapkan dapat terjadi dalam waktu dekat.”

“Sejalan dengan transformasi digital AirAsia, kami ingin menjadikan layanan fintech inklusif di seluruh ekosistem perjalanan dan gaya hidup kami. Kami telah lama menjadi maskapai penerbangan digital, dan kerja sama ini merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi yang terus kami lakukan guna mempermudah pelanggan untuk melakukan pemesanan dan terbang bersama AirAsia. Kami merasa senang pengelolaan rantai pasokan secara digital ini sudah dapat diterapkan di seluruh pusat operasional kami di Asia. Saya berterima kasih atas bantuan tim IT, operations, supply chain dan tentunya mitra kami, AC2 Group, untuk menerapkan inovasi ini di seluruh Grup. Digitalisasi pengelolaan rantai pasokan ini dilakukan di saat yang tepat karena kami tengah fokus melanjutkan operasi ke level sebelum COVID-19 di seluruh pasar utama kami sesegera mungkin.” 

Managing Partner AC2 Group, Aw Yang Uei, mengatakan, “Kami telah melakukan sejumlah upaya untuk merancang solusi yang kuat, dapat diskalakan, dan dapat diintegrasikan dengan teknologi masa depan seperti robotika gudang. AirAsia memiliki visi yang sangat kreatif dalam strategi pemenuhan omni channel mereka, yang membutuhkan ketangkasan dalam pengelolaan rantai pasokan mereka. Kami sangat senang dan terhormat menjadi bagian dari perjalanan digitalisasi ini, dan merupakan suatu kehormatan bisa bekerja sama dengan semua profesional di AirAsia. ”

Presiden Asia Pasifik di Blue Yonder, Antonio Boccalandro menyampaikan, “Selamat kepada AirAsia dan AC2 Group atas keberhasilan penerapan WMS Blue Yonder. Sistem manajemen gudang kami adalah salah satu solusi andalan kami dalam membantu pelanggan meningkatkan fleksibilitas, kemampuan merespons secara real-time, serta kemudahan untuk mengelola operasional gudang. Kami bangga menjadi bagian dari perjalanan transformasi digital AirAsia, dan kami menantikan lebih banyak kisah sukses dari mereka.”


Tentang AirAsia

AirAsia merupakan perusahaan layanan perjalanan dan platform keuangan terkemuka di Asia Pasifik yang menyediakan layanan penerbangan, perjalanan, gaya hidup dan keuangan. AirAsia berawal dari sebuah maskapai yang beroperasi di Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, India, dan Jepang yang telah mengangkut lebih dari 600 juta penumpang ke lebih dari 150 destinasi di Asia, Australia, Timur Tengah hingga Amerika Serikat. Sebagai maskapai, AirAsia dikenal dengan layanan kelas dunianya yang telah dinobatkan sebagai Maskapai Low-Cost Terbaik Dunia 11 kali berturut-turut pada ajang Skytrax sejak tahun 2009 hingga 2019, dan juga World's Leading Low-Cost Airline untuk 7 kali berturut-turut pada ajang World Travel Awards sejak tahun 2013 hingga 2019. AirAsia berkembang dan bertransformasi menjadi tidak hanya sekedar bisnis maskapai penerbangan namun juga merambah ke bisnis hotel, liburan, aktivitas, belanja online yang terintegrasi ke dalam platform perjalanan dan gaya hidup airasia.com, platform logistik terintegrasi Teleport dan layanan keuangan digital BigPay. Ikuti akun sosial media AirAsia di Facebook (AirAsia), Twitter (@airasia_indo), Instagram (@airasiaid), YouTube (AirAsia), Weibo (@亚航之家) and WeChat (亚洲航空).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://newsroom.airasia.com/

Sosial Media

AirAsia LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/airasia/

AirAsia Facebook: https://www.facebook.com/airasia

AirAsia Twitter: https://twitter.com/airasia

Tentang AC2 Group

AC2 Group adalah penyedia solusi terkemuka untuk manajemen gudang dan teknologi terkait rantai pasokan di Asia. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun dalam mengimplementasikan solusi rantai pasokan, AC2 Group  telah berhasil menerapkan banyak solusi rantai pasokan di seluruh Asia-Pasifik. Berkantor pusat di Singapura, AC2 Group kini telah memperluas cakupan pasarnya dan memiliki kantor di Malaysia, Thailand, Taiwan, Hong Kong dan Shanghai.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi http://www.ac2wave.com

Sosial Media

AC² News: https://www.ac2wave.com/news

AC² LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/theac2group

AC² Facebook: https://www.facebook.com/TheAC2Group