Avolon dan AirAsia jalin kerja sama, bangun platform ride sharing transformasional di Asia Tenggara

  • AirAsia Aviation Group memesan 100 unit pesawat VX4 eVTOL 

  • 90% VX4 daftar pesanan Avolon telah dipesan berbagai maskapai

Dublin/Singapura, 16 Februari 2022 - Avolon, perusahaan penyewaan pesawat internasional, hari ini mengumumkan bahwa salah satu grup maskapai penerbangan terkemuka dunia, AirAsia Aviation Group Limited (AirAsia), telah menandatangani nota kesepahaman tidak mengikat untuk menyewa minimal 100 unit Pesawat VX4 eVTOL dari Avolon.

Pesawat eVTOL ini akan memungkinkan AirAsia untuk lebih merevolusi perjalanan udara dengan menyediakan layanan mobilitas udara yang lebih canggih kepada segmen penumpang yang berbeda sekaligus mentransformasi cara masyarakat bertransportasi dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih efisien.

Selain pesawat eVTOL, Avolon, melalui afiliasi investasi dan inovasinya Avolon-e, akan bermitra dengan AirAsia untuk mengkomersialisasikan pesawat bebas emisi eVTOL dan mengembangkan platform mobilitas perkotaan via udara atau urban air mobility ('UAM') yang terdepan di Asia Tenggara. Avolon dan AirAsia akan membentuk kelompok kerja untuk pengurusan sertifikasi lokal, melakukan penelitian terkait peluang pasar potensial dan kebutuhan infrastruktur untuk pengembangan UAM. AirAsia juga akan memanfaatkan aplikasi perjalanan dan gaya hidupnya, airasia Super App, untuk mendukung pengembangan platform ride sharing menggunakan pesawat eVTOL bersama Avolon.

Daftar pesanan VX4 Avolon 

Pada bulan Juni 2021, Avolon telah memesan 500 unit pesawat VX4 eVTOL buatan Vertical Aerospace (NYSE: EVTL) ('Vertical'), senilai USD 2 miliar. Dari pesanan tersebut, Avolon telah menerima pesanan sewa untuk pesawat VX4 dari Gol and Grupo Comporte Brazil sebanyak 250 unit, dari Japan Airlines hingga 100 unit, dan setidaknya 100 unit dari AirAsia. Dengan begitu Avolon telah membukukan permintaan hingga 90% dari total jumlah pesawat di daftar pesanan awalnya, yang juga menunjukkan besarnya minat berbagai maskapai terkemuka dunia terhadap pesawat VX4.

Dómhnal Slattery, CEO Avolon menyampaikan, “Tony Fernandes adalah seorang pelopor di dunia penerbangan,  yang telah membangun AirAsia menjadi salah satu maskapai penerbangan terkemuka di dunia, dan kini juga telah menghadirkan super app dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara yang berfokus pada perjalanan. Kami senang dapat bekerja sama dengan AirAsia yang memiliki visi yang sama dengan kami yaitu merevolusi masa depan perjalanan udara. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Tony dan tim AirAsia dalam pengembangan eVTOL. Kami bersama-sama akan mengembangkan platform ride sharing dan memperkenalkan layanan penerbangan pesawat VX4 bebas emisi. Hal ini sekaligus menempatkan AirAsia sebagai operator perjalanan udara berkelanjutan di kawasan ini.”

Tony Fernandes, CEO Capital A mengatakan, “Inovasi selalu ada dalam DNA kami. Fokus utama kami di Capital A (sebelumnya dikenal sebagai AirAsia Group) adalah pemanfaatan teknologi agar lebih efisien dan berkelanjutan. Kini kami telah bertransformasi menjadi lebih dari sekadar maskapai penerbangan dengan lebih dari 20 produk dan layanan di super app kami yang saling terintegrasi satu sama lain, termasuk penerbangan, hotel, makanan, ritel, pengiriman, ride hailing, dan lainnya. Saya sangat bersemangat dengan adanya kerja sama antara Avolon dan AirAsia ini dan potensi pasar perjalanan udara jarak dekat bebas emisi di Asia Tenggara. Kita telah memasuki era digital. Kami meyakini VX4 akan menjadi pesawat eVTOL pilihan dan kami senang dapat menjadi maskapai pertama yang menggunakan jenis pesawat tersebut di Asia Tenggara. Kami sangat senang dapat memperkuat hubungan jangka panjang kami dengan Avolon yang terbukti berpengalaman dan sudah diakui oleh para pelanggannya, sekaligus menegaskan tujuan kami untuk menjadi platform perjalanan dan pengiriman satu pintu terdepan di Asean.”

Stephen Fitzpatrick, CEO Vertical menyampaikan, “Kami senang AirAsia menjadi maskapai terkemuka berikutnya yang berkomitmen untuk membeli pesawat VX4 bebas emisi kami. AirAsia telah memungkinkan banyak orang terbang ke berbagai destinasi yang indah di berbagai negara di dunia, dan saya senang kami dapat segera menghadirkan penerbangan bebas emisi di Asia.”

***SELESAI***


Tentang Pesawat VX4 eVTOL

Pesawat VX4 eVTOL dengan kapasitas empat penumpang dan satu pilot VX4 diproyeksikan memiliki kecepatan hingga 200 mpj, jangkauan lebih dari 100 mil, hampir tanpa kebisingan saat terbang, bebas emisi, dan hemat biaya. VX4 diharapkan dapat merevolusi mobilitas udara bagi penumpang menjadi lebih canggih dan mengubah cara kita bepergian. Informasi lebih lanjut: vertical-aerospace.com

Tentang Avolon

Berkantor pusat di Irlandia dan memiliki kantor yang tersebar di Amerika Serikat, Dubai, Singapura, Hong Kong dan Shanghai, Avolon menyediakan layanan penyewaan pesawat dan manajemen sewa. 70% kepemilikan Avolon dimiliki oleh anak perusahaan tidak langsung dari Bohai Leasing Co., Ltd., perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Shenzhen (SLE: 000415) dan 30% dimiliki oleh ORIX Aviation Systems, anak perusahaan ORIX Corporation yang terdaftar di Bursa Saham Tokyo dan New York (TSE: 8591; NYSE: IX). Avolon adalah perusahaan penyewaan pesawat terbesar kedua di dunia dengan jumlah armada yang dimiliki, dikelola, dan dalam pesanan per 31 Desember 2021 sebanyak 824 pesawat.

Website: www.avolon.aero

Twitter: @avolon_aero

Tentang Vertical Aerospace

Vertical Aerospace adalah perintis penerbangan bertenaga listrik. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2016 oleh Stephen Fitzpatrick, seorang pengusaha mapan yang dikenal sebagai pendiri Grup Ovo, grup energi dan teknologi terkemuka, dan perusahaan energi retail independen terbesar di Eropa. Selama lima tahun terakhir, Vertical telah membangun tim paling berpengalaman dan senior di industri eVTOL, dengan total pengalaman enjiniring seluruh timnya jika digabung lebih dari 1.700 tahun, dan telah mensertifikasi serta mendukung lebih dari 30 pesawat sipil dan militer serta sistem propulsi yang berbeda.

Ekosistem handal Vertical ini diharapkan dapat mengurangi risiko pelaksanaan operasional dan dengan arah bisnis sertifikasi memungkinkan struktur biaya yang ramping dan memungkinkan produksi dalam skala besar. Vertical memiliki pre-order book terdepan di pasar (berdasarkan nilai) dengan total hingga 1.350 pesawat dari American Airlines, Avolon, Bristow, dan Iberojet, yang mencakup opsi pesanan bersyarat dari Virgin Atlantic dan Marubeni, dan dengan demikian, menciptakan berbagai peluang jangka pendek dan arah bisnis yang sesuai dengan pasar.

Saham Vertical terdaftar di NYSE pada bulan Desember 2021 dengan kode saham “EVTL”. Informasi lebih lanjut: vertical-aerospace.com

Tentang AirAsia Aviation Group Ltd (AAAGL)

AAAGL adalah perusahaan induk yang membawahi seluruh bisnis maskapai penerbangan di Capital A (sebelumnya dikenal sebagai AirAsia Group Berhad), serta bisnis layanan pendukung tambahan, seperti AirAsia Consulting, divisi layanan korporat AirAsia SEA, Santan food group, dan bisnis joint venture untuk layanan ground handling GTR.

 

Tentang Capital A

Capital A adalah sebuah perusahaan induk investasi yang memiliki portofolio bisnis yang mensinergikan antara perjalanan dan gaya hidup dengan memanfaatkan data dan teknologi untuk menghadirkan nilai terbaik dengan biaya terendah, didukung dengan data berkualitas tinggi dan salah satu merek terkemuka di Asia yang tetap berkomitmen untuk melayani masyarakat lebih luas.


Website:          

 www.airasia.com

capitala.airasia.com

Twitter: @airasia