PT AirAsia Indonesia, Tbk tunjuk Veranita Yosephine Sinaga sebagai Presiden Direktur

TANGERANG, 6 Juli 2022 - PT AirAsia Indonesia Tbk (“Perseroan”), perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode CMPP yang merupakan induk perusahaan PT Indonesia AirAsia (IAA), hari ini mengumumkan penunjukan Veranita Yosephine Sinaga sebagai Presiden Direktur menggantikan Dendy Kurniawan. Pengumuman ini dilakukan menyusul Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diadakan di kantor Perseroan. 

Di bawah jabatan barunya sebagai Presiden Direktur PT AirAsia Indonesia Tbk, Veranita Yosephine tidak hanya akan bertanggung jawab atas kinerja dan pengembangan bisnis Perseroan, tetapi juga menarik investasi baru untuk mendukung bisnis anak perusahaannya yang bergerak di bidang industri penerbangan berbiaya rendah, serta memimpin perusahaan menuju profitabilitas.

Dalam pengangkatannya Veranita Yosephine Sinaga mengatakan, “Saya sangat senang ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT AirAsia Indonesia Tbk. Di bawah tanggung jawab baru ini, saya akan mendorong pencapaian trayektori perusahaan untuk menuju profitabilitas dengan memanfaatkan momentum rebound di industri transportasi baru-baru ini baik di pasar domestik maupun internasional. 

Ke depan, saya juga memastikan perusahaan akan terus memainkan peran utamanya dalam mendukung pariwisata Indonesia dan pemulihan ekonomi dengan secara bertahap membuka lebih banyak rute eksisting dan memperkenalkan lebih banyak rute baru yang menarik melalui kolaborasi dengan pemerintah pusat, otoritas lokal, dan pemangku kepentingan.

AirAsia Indonesia telah membuktikan ketangguhannya dalam mengarungi pandemi di dua tahun terakhir, melalui berbagai dinamika dan tantangan yang disebabkan oleh situasi yang terus berubah yang sebagian besar tidak dapat diprediksi. Kami percaya kesuksesan kami ini tidak akan mungkin terjadi tanpa dukungan besar yang diberikan oleh Allstars (karyawan) dan pelanggan kami. Mereka adalah aset tak ternilai dari bisnis kami, dan bersama mereka kami akan maju ke depan dan tumbuh lebih jauh.”

Selain jabatan barunya, Veranita Yosephine (Vera) saat ini juga masih menjabat sebagai Direktur Utama PT Indonesia AirAsia, perusahaan maskapai nasional Indonesia yang berafiliasi dengan grup maskapai penerbangan bertarif rendah terbaik dunia, AirAsia. Vera adalah CEO maskapai wanita profesional pertama dan satu-satunya di Indonesia, serta satu dari segelintir CEO maskapai wanita di Asia Pasifik. Beliau menerima Penghargaan AeroTime Aviation Achievement Award pada tahun 2021 atas dedikasinya untuk memimpin maskapai mengarungi pandemi dan mempromosikan kesetaraan di industri penerbangan.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham yang sama, Perseroan juga juga telah mengangkat Bo Lingam sebagai  Komisaris Utama menggantikan Datuk Kamarudin Bin Meranun. Bo Lingam adalah Group CEO AirAsia Aviation Group Limited yang merupakan Pemegang Saham Utama Perseroan.

*** SELESAI ***